Komitmen Mode Sayang Lingkungan

Diakui ataupun tidak, saat membeli item fashion atau aksesori kerap mengesampingkan proses produksi maupun bahan yang tidak ramah lingkungan. Sejak lima tahun belakangan, dunia mode telah rajin menerapkan konsep dan jargon sustainable fashion, ethical fashion, maupun eco fashion.

Industri mode Indonesia pun termasuk di dalam deretan tersebut. Contohnya di Jakarta Fashion Week 2016, ethical fashion dipilih sebagai tema pagelaran busana kolaborasi dengan Badan Ekonomi Kreatif.

Di mancanegara, salah satu brand yang mencoba berkomitmen terhadap pemeliharaan lingkungan adalah Stella Mc Cartney. Koleksi Loop Sneakers diproduksi seperti permainan Lego. Sol sepatu yang selama ini direkatkan dengan lem diganti dengan klip pengait.

Tujuannya untuk mengurangi dampak kerusakan lingkungan yang disebabkan lem, karena menghasilkan 13 kg karbon dioksida untuk sepasang sepatu saja selama produksi, seperti dikutip dari Evening Standard. Dibutuhkan riset 18 bulan untuk menghasilkan inovasi klip pengait tersebut oleh para desainer di London. Untuk saat ini, proses pembuatannya masih berlokasi di Italia. Foto: Courtesy of Stella Mc Cartney

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here