Gambarkan Ganjaran Setiap Perilaku

Sebelas lukisan dan dua instalasi ditampilkan perupa asal Bali, I Made Sujendra dalam pameran solonya. Dia mengajak para pengunjung untuk menyadari norma-norma yang ada dalam kehidupan, khususnya di adat Bali.

Mengangkat tema ‘Hell Sign’, visual yang diangkat dalam karya-karyanya ini berangkat dari bentuk konsekuensi dari setiap perilaku manusia selama hidup. Lima aspek yang paling disoroti adalah perselingkuhan, kemalasan, mengabaikan keluarga dan komunitas, menggugurkan kehidupan, dan lari dari peran dan tanggung jawab.

Dengan visual yang penuh makna, Sujendra menampilkan karya-karya yang luar biasa di Titian Art Space Ubud, Bali hingga pertengahan Januari 2019. Delapan karya lukis dikelompokkan bersamaan dan disajikan sebagai instalasi yang juga mencakup mural. Di ruangan ini para pengunjung diajak untuk mengamati dan merenungi makna dari setiap gores yang ditampilkan.

Salah satu karya yang ditampilkan berjudul ‘Hunters’. Lukisan ini memvisualkan balasan atas perilaku manusia yang kerap menyiksa hewan. Di lukisan ini terlihat tiga orang pria yang tengah dikepung berbagai jenis hewan. Mulai dari gajah, harimau, singa, hingga kambing tampak menatap lapar ketiganya. Sementara, di sudut lain kanvas terlihat seorang pria yang baru saja menembak mati seekor rusa.

Lukisan yang tak kalah menarik adalah ‘Forest Logging’ yang dibuat satu tahun silam. Meskipun dikemas dengan permainan warna yang lebih berani, karya ini juga tidak kalah bermakna. Menampilkan tiga orang pria, dua di antaranya menebang pohon, sementara satu orang lagi ditahan oleh para penjaga yang di tangannya terdapat gergaji untuk membalas apa yang dilakukan oleh pria tersebut. Pohon-pohon yang ditebang pun tampak menitikkan air mata menerima nasib mereka yang dirusak bangsa manusia.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here