Open Plan Kitchen

0
1

Open Plan Kitchen

Jika Anda memiliki keluarga besar, desain dapur menyatu dengan ruang makan dan keluarga akan memudahkan semua anggota keluarga berbaur dan menghabiskan waktu berharga bersama-sama.

Dapur merupakan pusat segala aktivitas penting di dalam rumah, salah satunya memasak untuk kebutuhan keluarga. Seringkali, dapur dianggap sebagai area yang kurang layak untuk dipamerkan, sehingga selalu ditempatkan tersembunyi. Namun, sejalan dengan perkembangan dunia desain interior dan gaya hidup, dapur pun mulai didesain lebih variatif. Menempatkan ruang ini di bagian tengah rumah menjadi salah satu opsi.

Meskipun, konsep dapur terbuka seperti ini lebih sering digunakan pada ruangan rumah yang besar, bukan berarti rumah kecil tidak bisa menerapkannya. Dapur yang didesain menyatu dengan ruang makan dan tengah tanpa sekat pemisah akan tampak lebih luas. Kita tidak membutuhkan dinding, partisi, rak, atau tirai sebagai pembatas antarruang karena desain dapur ini mengutamakan kelapangan yang berasal dari kurangnya penghalang pandangan. Karena tidak berdinding, dapur terbuka seperti ini mendapatkan banyak cahaya alami yang membantu meningkatkan suasana dan menghemat energi. Tetapi, harus diakui luas area dan pilihan furnitur menjadi hal penting yang harus diperhatikan. Luas ruang harus mampu mewadahi jumlah orang yang beraktivitas di dalamnya. Pemilihan furnitur, seperti jumlah kursi dan besar meja pun perlu disesuaikan.

High Glossed

Dapur bertipe island yang dilengkapi dengan meja bar dapat menjadi pilihan. Island dapat memberi kesan dapur lebih bergaya dan lebih eksklusif. Model ini juga dapat dimanfaatkan sebagai tempat makan dan meja saji, bahkan fungsi penyimpanan. Untuk harmoni dan keseimbangan, pilihlah furnitur dapur dan meja makan berwarna senada. Sebisa mungkin hindari perabot yang terlalu tinggi atau berat.

Dengan penempatan terbuka, dapur tak lagi hanya berfungsi sebagai ruang untuk mengolah, menyajikan, dan menyantap makanan. Fungsi ruang ini bertambah dengan menjadikannya sebagai area berkumpul orang-orang terdekat. Ruang dapur terbuka memberikan fleksibilitas, sehingga kita tidak akan kehilangan setiap momen. Sambil menyiapkan makan malam, penghuni dapat berinteraksi dengan anggota keluarga maupun menyaksikan siaran televisi. Penerapan ruang ini juga memudahkan pengawasan anak-anak, terutama bagi keluarga yang masih memiliki anak balita, karena letaknya yang mudah dijangkau dari setiap ruang. Kebersamaan pun dapat terjalin dengan mudah.

open-floor-plan-kitchen

Konsep dapur terbuka tidak dapat diaplikasikan di setiap rumah, sebab kebutuhan setiap keluarga tentu berbeda-beda. Sebuah keluarga dengan anak-anak yang membutuhkan pengawasan bisa menerapkan konsep ini. Namun, dapur jenis ini tentu tidak cocok bagi penghuni yang sangat mengutamakan privasi.

Memiliki dapur terbuka dan dapat terlihat oleh siapa saja, membutuhkan usaha ekstra untuk selalu menjaganya agar bersih sedap dipandang. Demi mewujudkan terciptanya sebuah dapur yang sehat, perhatikan pula sirkulasi udara. Untuk menyiasati aroma yang berasal dari sampah sisa proses memasak, perlu dibuat banyak bukaan di ruangan, agar pertukaran udara alami terjadi. Jika kondisi tidak memungkinkan, Anda dapat menggunakan exhaust van atau cooker hood. (AD)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here