Ragam Tanaman Anti Polusi

Selain sedap dipandang dan menenangkan batin, tanaman di dalam dan di sekitar rumah juga mampu meningkatkan kualitas kesehatan. Dengan catatan, pilihlah tanaman yang telah diteliti memiliki kemampuan hebat dalam membersihkan udara.

Tanaman yang biasa ditempatkan di dalam ruangan (indoor) ini cukup mudah ditemukan.  Mereka memiliki beberapa komponen seperti daun, akar, dan bakteri yang ada di dalam tanah tempat tumbuh untuk membersihkan udara dalam ruangan yang mengandung racun.

peace-lilyRacun yang dapat dibersihkan termasuk benzena dan formadehyda. Benzena ditemukan dalam asap rokok, sedangkan formaldehyda adalazat yang dapay menyebabkan  iritasi pada mata, hidung, dan tenggorokan.Tanaman apa saja itu? Berikut beberapa di antaranya:

Bunga Lili Damai (Peace Lily)
Spathiphyllum atau yang lebih dikenal dengan bunga peace lily mudah dijumpai di daerah tropis seperti Asia Tenggara dan beberapa negara di benua Amerika. Tanaman ini mempunyai bunga berwarna putih yang cantik dan bermanfaat dalam mengurangi zat berbahaya seperti klorofom, alkohol, dan aseton, yang banyak ditemukan pada alat-alat tulis kantor.

draceanaSuji (Dracaena)
Suji adalah tumbuhan perdu tahunan dimana daunnya sering dimanfaatkan sebagai bahan pewarna alami untuk makanan. Daunnya memberikan warna hijau jauh lebih pekat dibandingkan dengan daun pandan wangi. Tanaman ini juga mempunyai sifat anti-polutan sehingga berm!nfaat untuk menjaga udara tetap bersih dan sehat.

Palem Bambu (Bamboo palm)
bamboo-palm Tanaman ini membutuhkan cahaya yang terang agar bisa tumbuh subur. Palem bambu tumbuh subur di area yang lembab dan tidak terlalu butuh banyak air. Walapun kadang-kadang mengundang serangga atau laba-laba, tanaman ini berfungsi menyerap racun. Untuk mencegah datangnya hewan-hewan tersebut, semprotkan cairan pestisida.

english

English Ivy
Tanaman ini bermanfaat untuk menyerap poluten. Selain itu, English Ivy juga dapat membantu mengurangi stres dan bermanfaat untuk membantu mengatasi asma. Bahkan beberapa penelitian minor menunjukkan bahwa tanaman ini mempunyai sifat anti-kanker dan antioksidan.

 

Sri Rejeki (Aglaonema/Chinese Evergreen)chinese
Tanaman hias dari suku talas-talasan ini cukup populer dan dikenal dengan nama lain seperti Aglaonema atau chinese evergreen. Sri rejeki dapat mengatasi berbagai polutan. Associated Landscape Contractor of America melalui penelitiannya mengungkapkan bahwa tanaman ini mempunyai efek anti-bakteri dengan menekan populasi spora jamur dan bakteri merugikan hingga 50 persen.

palem-kuningPalem Kuning (Chrysalidocarpus)
Palem kuning punya nama latin Chrysalidocarpus. Batang dan dahannya cenderung berwarna kekuningan, terutama bila terkena sinar matahari yang cukup. Berkembang biak dengan biji dan tingginya bisa sampai 4 meter apabila ditanam di luar pot.Namun, Anda bisa menanamnya di sebuah pot dan meletakkannya di dalam ruangan. Fungsinya sebagai pembersih udara alami, dan menghilangkan formaldehida, benzena, serta karbondioksida. Sangat baik ditanam untuk menyerap racun dari asap rokok.

Bunga Daisy (Gerbera Daisy)daisy2
Tanaman berbunga indah ini bisa ditanam dalam pot maupun vas bunga. Sangat cocok sebagai penghias meja baik di rumah maupun kantor. Gerbera terbukti sangat efektif mengurangi kadar benzene dari udara. Penelitian yang dilakukan pada jenis Gerbera jamesonii menunjukkan kalau tanaman ini baik juga menyerap TCE.

lidah2Lidah Mertua (Sanseviera)

Dikenal juga dengan nama sanseviera, lidah mertua merupakan tanaman yang dapat tumbuh dalam ruangan karena tidak memerlu an banyak air dan cahaya matahari. Daya adaptasi tanaman ini sangat tinggi dan tahan kekeringan. Berdasarkan penelitian dari NASA, lidah mertua mengandung pregnan glikosid, bahan aktif yang berguna untuk mengurai polutan menjadi asam amino, gula, dan asam organik. Dengan demikian, polutan tersebut tidak lagi berbahaya bagi manusia. Selain itu, lidah mertua juga bisa menyerap radiasi dari peralatan-peralatan elektronika yang ada di dalam ruangan.

Sirih Belanda (Devil’s Ivy) devils-ivy
Sirih Belanda juga dikenal dengan nama De6il’s Ivy, sebuah tanaman hias yang biasanya diletakkan di dalam pot. Ia adalah termasuk tanaman monokotil dan doyan air. Tanaman ini dapat menyerap aneka racun dan polusi di dalam ruangan, dan cocok diletakkan untuk Anda yang doyan merokok di rumah.

pot-mumBunga Krisan (Pot Mum)
Sama seperti gerbera, flora berbunga indah ini sangat efektif menekan kadar formaldehid. Bunganya yang me.awan membuatnya sangat bagus sebagai penghias meja. Bisa ditaruh dalam vas bunga atau ditanam dalam pot. Flora berjuluk Chrysantheium morifolium handal juga untuk mengurangi polutan jenis benzene.

Philodendronphilo
Tanaman yang cukup populer senagai eleman taman maupun tanaman indoor. Daunnya juga termasuk lebar dan rimbun. Jenis pilo berdaun merah lebih efektif menyerap polutan dibanding pilo jenis lain. Tanaman bandel dan cocok ditaruh dalam ruang.

marantaMaranta
Bisa meningkatkan kelembapan udara dalam ruang. Ruangan pun menjadi tidak terlalu kering. Efektif juga menyerap berbagai jenis polutan berbentuk gas. Kebutuhan sinar matahari rendah, tahan berada dalam ruang dalam jangka waktu cukup lama.

Diffenbachiadif
Mampu menyerap berbagai jenis polutan berbentuk gas. Pohonnya rimbun dengan jumlah daun yang cukup banyak. Daunnya juga termasuk sangat lebar dibanding tanaman hias lain. Tahan terhadap kurangnya suplai cahaya matahari sehingga cocok dipakai untuk tanaman indoor.

Para Peneliti merekomendasikan untuk menempatkan antara 10-15  tanaman di lingkungan rumah.  Setiap satu tanaman dapat membersihkan satu ruangan dengan luas sekitar 9 meter persegi. Selain lebih ekonomis daripada alat pemurni udara dan filter penyaring alergen, zat kimia pembersih, sistem pemanas dan pendingin, serta sumber lain di dalam rumah justru bisa lebih memicu polusi lebih buruk dibanding di luar.

Naskah: Gendhis Cantigi/berbagai sumber