Menikmati Instalasi Seni Bawah Laut

Berbeda dengan instalasi seni pada umumnya, BVI Art Reef dari British Virgin Islands mempersembahkan karya instalasi di bawah laut. Patung-patung raksasa dan sebuah kraken mitos yang mencengkeram kapal karam dapat dilihat di sana.

Menjadi salah satu proyek terumbu karang buatan, Andy McAlexander, The President of the South Walton Artificial Reef Association, Florida mengatakan bahwa karang tumbuh dengan melepaskan spora yang mengapung melalui arus laut sampai mereka menemukan struktur untuk melekat. Di situlah peran serta dari patung dan instalasi seni yang berdiri gagah tersebut.

Di kedalaman 60 kaki di Virgin Gorda, karya instalasi fiksi ilmiah dibuat oleh sekelompok pengusaha, termasuk Richard Branson, sebagai habitat kehidupan laut dan platform untuk membangkitkan minat lokal terhadap konservasi laut yang mulai dipasang pada April 2017 silam. Tak hanya menampilkan detail sosok-sosok manusia, instalasi tersebut juga diharapkan mampu menghadirkan pengalaman menyelam berbeda dari biasanya.

Di sisi lain, Jason deCaires Taylor yang telah berhasil membuat patungpatung di bawah air juga berhasil merancang Museo Atlántico, dibuka pada 2016 di Lanzarote di Kepulauan Canary. Di dalamnya, dia menampilkan 300 patung yang begitu memanjakan mata. Salah satunya patung sekelompok orang tenggelam dalam rakit, kisahnya merujuk pada krisis pengungsi yang terjadi beberapa waktu belakangan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here