START Summit 2021 untuk Bangun Talenta Digital Indonesia

 

Kepedulian terhadap perkembangan talenta digital di Tanah Air, mendorong Tokopedia kembali menyelenggarakan konferensi teknologi START Summit kedua dengan tema ‘Transforming Indonesia Through Technology’. Dibuka dengan sambutan Menteri Komunikasi dan Informatika RI, Johnny G. Plate, kegiatan daring ini dapat diikuti melalui kanal video streaming Tokopedia Play, Official YouTube Inside Tokopedia serta situs Tokopedia Academy. 

 

Acara yang diadakan pada Sabtu, 3 Juli 2021, ini diisi berbagai sesi dan menghadirkan banyak pembicara. Di antaranya Co-Founder and Vice Chairman Tokopedia, Leontinus Alpha Edison; CTO dan Senior Vice President of Engineering Tokopedia, Herman Widjaja; Vice President of Engineering dan Chief of Staff Technology Tokopedia, Aswin Tanu Utomo, serta sederet talenta digital Tokopedia lainnya.

 

Jonny G Plate dalam pembukaan START Summit 2021

 

Dalam jumpa pers secara daring, Co-Founder and Vice Chairman Tokopedia, Leontinus Alpha Edison menjelaskan, “Tokopedia sebagai perusahaan teknologi Indonesia terus berupaya mendukung kemajuan talenta digital Indonesia dan membentuk ekosistem yang kolaboratif. Salah satunya melalui START Summit, yang merupakan wadah berbagi pengalaman para pegiat teknologi, pelaku bisnis teknologi, hingga komunitas digital, yang memiliki semangat sama dalam memajukan industri teknologi Indonesia.”

 

Core Engineering, Infrastructure dan Productivity serta Data merupakan bahasan utama dalam START Summit 2021. Beragam informasi mulai dari pemrograman, pengembangan produk, pengelolaan kampanye yang terintegrasi, strategi multi-cloud dan berbagai inovasi lain dibagikan dalam event tersebut. Acara ini didukung oleh sejumlah mitra, termasuk Intel, Google Cloud, BCA, Alibaba Cloud, Citibank, New Relic, AWS, PRIMA, Bank Bumi Arta, Akamai. Seluruh kelas yang tersedia dalam rangkaian kegiatan Tokopedia START Summit 2021 ini pun dapat diakses secara gratis dengan mendaftar di Tokopedia Academy.

 

Salah satu sesi dalam START Summit 2021

 

Selain START Summit, Tokopedia melalui Tokopedia Academy juga menghadirkan inisiatif untuk talenta digital Indonesia, misalnya START Summit Extension, START Women in Tech, Devcamp, Tokopedia Internship, Product Design Academy, Summer Acceleration Program, kolaborasi dengan universitas misal dalam membangun AI Center hingga modul perkuliahan, dan masih banyak lagi.

 

Tidak hanya itu, Tokopedia juga mengadakan dua inisiatif guna mendukung Program Kampus Merdeka yang diluncurkan Kemendikbud Ristek RI. Pertama, program Magang Bersertifikat yang tersedia untuk tiga bidang, yaitu Software Engineering, Marketing dan Business Development. Kedua, Hackathon Devcamp yang merupakan kompetisi membangun produk dan solusi dalam waktu sangat singkat.