Yoga Untuk Redakan Kecemasan

Berdasarkan studi Cameron (2021), ada sekitar 48% ibu dengan anak usia dini yang mengalami depresi pada masa pandemi. Angka tersebut didukung oleh survei lanjutan yang dilakukan tim Tentang Anak dengan 1000 responden ibu di Indonesia. Hasilnya, sebesar 45,5% ibu dengan anak usia dini mengalami kecemasan tingkat sedang dan berat.

 

Fakta tersebut kemudian mendorong Tentang Anak untuk menginisiasi gerakan #IbuTenangKeluargaSenang. Kegiatan pertama dari rangkaian gerakan tersebut berhasil dilaksanakan dengan diikuti oleh 1000 peserta, yakni Live Meditation Latihan Tenang bersama Pishi Yoga dan aktris Sandra Dewi.

 

“Kami menyelenggarakan movement ini dengan pemikiran dan perencanaan yang matang baik dari segi kesehatan fisik maupun kesehatan mental ibu dan anak, tentunya dipandu oleh ahlinya. Kami ingin menunjukkan betapa pentingnya kesehatan dan kesiapan mental Ibu demi mengoptimalkan tumbuh kembang anak walau harus #dirumahaja. Karena jika ibu tenang, maka keluarga pun akan merasakannya, begitu juga sebaliknya. Berdasarkan studi Azhari et al. (2019), peningkatan stres dapat menurunkan sinkroni otak antara ibu dan anak, sehingga berdampak pada pola pengasuhan negatif dan tidak responsif terhadap kebutuhan si kecil,” ungkap Dr. Mesty Ariotedjo, Sp. A mewakili Tentang Anak.