Berkumpulnya Keraton Se-Indonesia

Merupakan salah satu upacara budaya yang rutin dilakukan, Festival Keraton Nusantara kembali berlangsung pada 13- 18 Oktober 2018. Acara tersebut pertama kali berlangsung pada tahun 1995. Di tahun ini, sedikitnya melibatkan 50 keraton yang ada di Indonesia.

Di awal kemunculannya, perhelatan ini bermula dari Festival Keraton se-Jawa yang berlangsung di Kota Surakarta, Jawa Tengah pada 1992. Tiga tahun kemudian, acara  tersebut berkembang menjadi pertemuan keraton-keraton lain di Tanah Air. Tuan rumah pagelaran pertama Festival Keraton Nusantara adalah kota Yogyakarta yang kala itu diikuti oleh utusan 20 kerajaan di Indonesia. Sejak saat itu, pertemuan tersebut digelar secara rutin dan menjadi ajang dua tahunan. Di tahun kedua, jumlah keraton yang turut berpartisipasi ternyata semakin bertambah, yakni 23 utusan kerajaan hadir di Cirebon.

Sayangnya, pada tahun 1999 festival ini sempat dihentikan, karena terjadinya krisis moneter. Festival Keraton Nusantara ketiga yang seharusnya diselenggarakan di Bima, Nusa Tenggara terpaksa dibatalkan dan vakum selama lima tahun. Pada akhirnya pagelaran ketiga diselenggarakan di Keraton Kutai Kartanegara Kalimantan Timur yang saat itu berbarengan dengan Festival Budaya Erau.

Kini, memasuki tahun penyelenggaraan ke- 12, Festival Keraton Nusantara akan berlangsung di Sumenep, Jawa Timur. Sederet agenda menarik siap memikat wisatawan, antara lain kirab agung prajurit keraton. Iring-iringan para utusan keraton berbusana adat kerajaan akan memenuhi ruas-ruas jalan utama saat pawai berlangsung.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here