Festival Adu Kecepatan Di Negeri Matahari Terbit

Telah berlangsung selama ratusan tahun, Danjiri Martsuri masih termasuk daftar festival yang menarik banyak wisatawan. Kishiwada Danjiri Matsuri pertama kali diadakan pada tahun 1703 ketika penguasa Kishiwada Castle, Okabe Nagayasu, berdoa kepada dewa-dewa Shinto untuk memberikan panen yang melimpah.

The Kishiwada Danjiri Matsuri merupakan agenda tahunan setiap bulan September di Kishiwada, Osaka, Jepang. Tahun ini, festival yang biasa dikenal Danjiri Matsuri akan dihelat pada 15-16 September 2018 di Minami Kawachi, Osaka bagian tenggara.

Festival ini mulai berlangsung di pagi hari, sebelum memulai acara setiap peserta melakukan doa bersama untuk menyiapkan diri untuk kelancaran acara. Saat itu, mereka telah mengenakan pakaian khas dan ikat kepala yang telah disiapkan. Kemudian, para peserta akan bersama-sama membawa danjiri yang di atasnya berdiri pada penari pria yang membawa kipas tradisional.

Danjiri adalah pelampung kayu Jepang yang dihiasi ornamen menyerupai kuil. Biasanya kemeriahan ini membentang dari Nankai hingga ke pantai. Berlangsung juga di kota Haruki dekat Stasiun Nankai Haruki.

Setiap kelompok mewakili area yang berbeda dari setiap kota. Acara ini turut menjadi kompetisi untuk mencari kelompok tercepat dan terkuat di lingkungan tersebut. Tidak hanya sebagai salah satu budaya khas Negeri Matahari Terbit, ajang ini juga dikategorikan sebagai festival berbahaya di Osaka.

Beberapa orang bahkan mengatakan bahwa festival ini serupa dengan menjalankan banteng di Pamplona, Spanyol. Mengingat mereka menarik beban yang sangat berat dengan cara berlari. Dengan berat hingga empat ton, kotak kayu raksasa ini ditarik dan didorong di sekitar jalan-jalan kota Kishiwada. Melihat ratusan pria tidak hanya menarik pelampung, tetapi juga menari di atas mereka adalah pemandangan yang menarik untuk disaksikan. Pada musim semi, festival serupa juga dihelat di Kobe.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here