73 Perempuan Tangguh 2018 ǀ Marlia Hayati Goestam Presiden Direktur PT Darya-Varia Laboratoria Tbk

Pada dasarnya perusahaan yang memiliki produk Deco lgen, Enervon-C, dan Natur-E ini selalu berusaha tumbuh di atas rata-rata pasar farmasi yang tahun lalu minus kurang lebih 1,2%.

Bisnis farmasi adalah industri yang sangat banyak aturannya dan diperlukan usaha luar biasa untuk terus bertumbuh secara signifikan. Belum lagi bahan bakunya 95% masih impor. Ketergantungan ini memerlukan keahlian tersendiri dalam mengelola secara tepat dan efisien.

Pergerakan nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika juga sangat mempengaruhi harga bahan baku dan melemahnya rupiah akan memberikan dampak pada kenaikan harga. Di era BPJS, industri farmasi menghadapi tantangan peningkatan cakupan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) menjadi sekitar 75% dari penduduk Indonesia. Pertumbuhan pasar farmasi khusus obat resep masih didominasi obat generik, sejalan dengan meningkatnya cakupan produk JKN.

“Dengan program JKN, volume penjualan tumbuh besar, namun marginnya sangat tipis. Selain itu, sumber daya manusia merupakan tantangan yang sangat besar. Tidak hanya di perusahaan yang dipimpinnya, tapi secara keseluruhan merupakan tantangan bangsa ini. Namun, kami tetap optimis karena selalu berusaha menerapkan strategi dan produk baru, sekaligus terus berinovasi,” ucap Presiden Direktur Darya-Varia Marlia Hayati Goestam.

Pada dasarnya perusahaan yang antara lain memiliki produk Decolgen, Enervon-C, dan Natur-E ini selalu berusaha tumbuh di atas rata-rata pasar farmasi yang tahun lalu minus kurang lebih 1,2%. Di kuartal pertama 2018 tercatat pertumbuhan pendapatan 8% menjadi Rp430,38 miliar, jika dibandingkan kuartal I tahun 2017 saat itu Rp398,31 miliar. Namun, beban perusahaan naik sampai 24% menjadi Rp178,54 miliar dari Rp144,39 miliar.

Dalam mencapai target, perusahaan telah menganggarkan belanja modal sebesar Rp59 miliar untuk meningkatkan sejumlah fasilitas yang ada, melakukan efisiensi di setiap
lini, termasuk efisiensi di dalam proses manufacturing.

Dia menerangkan, “Tahun 2018 kami tetap fokus pada penetrasi brand yang kuat, para pelanggan, operational excellence di semua lini dan terus berinovasi. Nature-E Face Series beberapa bulan lalu sudah diluncurkan terdiri dari pembersih muka, skin balancer, serum, krim mata, day cream maupun night cream.

Hasil clinical study menunjukkan produk Nature-E Face Series secara signifikan berguna untuk mengurangi kerutan dan flek hitam dengan harga terjangkau. Di bulan Ramadhan maupun Lebaran lalu, Enervon-C, Enervon Aktif, dan multivitamin menjadi produk andalan yang ditawarkan kepada masyarakat, mengingat consumer health berkontribusi sebesar 47% dari total bisnis perusahaannya. Elly Simanjuntak| Fikar Azmy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here