73 Perempuan Tangguh 2018 ǀ Metta Murdaya Founder Skincare Juara

Dia adalah wanita yang teguh dalam mengejar apa yang diimpikan. Ambisinya berbuah produk skincare yang menggabungkan tradisi budaya timur dengan ilmu pengetahuan barat.

 

Tidak mudah memang merintis bisnis di negeri orang. Tetapi bagi sosok tangguh Metta Murdaya, wanita Indonesia yang besar di San Francisco, ini bisa dijalani asalkan bermental juara. Mengetahui bahwa kandungan herbal dalam produk kecantikan memiliki manfaat yang begitu besar bagi kulit bahkan yang sensitif, dia memperkenalkan tradisi jamu kepada dunia internasional melalui Juara Skincare.

Kata ‘jamu’ terlintas dalam pikirannya ketika mencari produk skincare berbahan dasar alami. Dia berpendapat, jamu tidak mungkin terus diwariskan dari generasi ke generasi bila tidak efektif. “Inspirasi Juara adalah dari salah satu tradisi kecantikan Indonesia, yaitu meminum jamu dan menggabungkannya dengan kapabilitas produksi barat yang berkualitas,” tuturnya.

Dia mengidentifikasi problem kulit para pelanggannya di Amerika, lalu memperkenalkan khasiat rempah-rempah Indonesia sebagai salah satu solusi. Metta berasumsi, ini merupakan hal baru bagi mereka, sehingga membutuhkan waktu untuk merasa familiar dengan rempah-rempah ini.

Tetapi, sekarang terasa sekali besarnya apresiasi dan rasa ingin tahu masyarakat Barat terhadap budaya dan tradisi kecantikan Asia, termasuk Indonesia. Hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya masih banyak ruang untuk dieksplorasi. Saya senang dapat membagikannya kepada dunia seiring dengan naiknya popularitas tradisi kecantikan holistik di sana.

Metta juga menggunakan berbagai cara untuk memperkenalkan Juara saat itu, yakni dengan membagikan produknya kepada para blogger untuk diulas. Kemudian menggelar beberapa workshop tentang entrepreneurship. Pada tahun 2013, barulah Juara dirilis di Indonesia. Animo masyarakat cukup baik, mengingat merek ini populer lebih dulu di New York.

Kerja keras berbuah manis bersama waktu. Volume bisnis Juara pun kian berkembang besar. Merek ini sempat mendapat pengakuan sebagai Trendsetter dari Cosmoprof North America Trendscouts 2015 yang berlangsung di Mandalay Bay Convention Center, Las Vegas. Sebuah bentuk apresiasi yang prestisius bagi pelaku bisnis kecantikan.

Kini produknya tumbuh dan dipercaya di beberapa negara, seperti Amerika Serikat, Korea, Jepang, dan Kanada. Produk unggulan yang menjadi best seller antara lain Invigorating Coffee Scrub, Tamarind Tea Hydrating Toner maupun Turmeric Antioxidant Radiance Mask. “Juara adalah tentang jiwa, tubuh, dan kulit adalah representasinya. Brand ini merupakan bentuk kecantikan yang terpancar dari jiwa,” jelas Metta. Angie Diyya| Istimewa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here