73 Perempuan Tangguh 2018 ǀ Nurhayati Subakat CEO PT Paragon Technology and Innovation

Tahun ini, namanya masuk ke dalam daftar 25 pebisnis perempuan paling berpengaruh versi Forbes Asia, berkat kerja keras, kesabaran, dan keuletannya.

Menyebut nama Nurhayati Subakat, identik dengan brand pionir kosmetika halal Wardah. Wanita kelahiran 27 Juli 1950 ini membuktikan dirinya tidak hanya mampu mencurahkan perhatian, waktu dan energi demi anak-anaknya, namun juga menjadi sosok profesional di lingkungan pekerjaan sebagai wanita karier, bahkan membawa perusahaannya mencapai pertumbuhan positif tahunan di atas 30%.

Belum lama ini, CEO PT Paragon Technology and Innovation (PTI) ini masuk ke dalam daftar 25 pebisnis perempuan paling berpengaruh versi Forbes Asia. Aspek penilaian Forbes tentu bukan hanya dari besarnya laba yang dihasilkan, melainkan juga ragam bentuk inovasi produknya. PT PTI yang didirikan 33 tahun lalu telah menjadi salah satu raksasa perusahaan kecantikan di Indonesia. Beberapa merek yang terkenal antara lain Wardah, Make Over, Emina, Puteri, dan IX.

Kesuksesan yang dialami Nurhayati yang senang tampil sederhana ini tidak diperoleh dalam sekejap mata, melainkan dirintis bertahun-tahun. Memulai usaha sejak 1985 silam dan baru mencicipi keberhasilan di tahun 2000-an setelah jatuh bangun.

Hasil Ritel Audit Nielsen tahun lalu menyebutkan market share Wardah berhasil mencapai angka yang memuaskan, yaitu peringkat 1 di kategori makeup, nomor 2 di kategori moisturizer, dan peringkat 3 di kategori cleanser. Untuk kategori moisturizer pada Januari 2018 naik menjadi urutan pertama. Wardah pun menyabet sederet penghargaan, seperti Indonesian Original Brand hingga Top Brand Award.

Tahun lalu, dianugerahi penghargaan Campaign of the Year diraih dalam ajang Beautyfest Asia 2017, karena dinilai memiliki strategi pemasaran baik dan kreatif. Timnya memang kerap melakukan marketing yang unik. Wardah sering menjadi sponsor pagelaran fashion di dalam maupun luar negeri. Antara lain Jakarta Fashion Week dan Asia Islamic Fashion Week di Malaysia.

Meskipun telah mencapai semua ini, Nurhayati tidak berpuas diri. Dia masih menyimpan harapan dan cita-cita. “Saya ingin Wardah menjadi global brand. Masuk sebagai 10 besar brand kosmetik dunia. Sekarang semua langkah yang kami lakukan menuju ke sana,” ujar Nurhayati.

Dia menuturkan suasana kerja di perusahaan ini sangat kondusif dan bersifat kekeluargaan. Komunikasi dengan atasan berlangsung dengan baik. Berdiskusi langsung dengan owner pun sangat memungkinkan. Selain itu, PT PTI memberikan kebebasan bagi
karyawannya untuk berkreasi seluasluasnya, asalkan tetap berada dalam jalur kebijakan yang ditetapkan direksi.

“Saya selalu mengusahakan terus memperkuat pondasi yaitu kekeluargaan, menjaga aspek spiritual, tidak berhenti berinovasi, dan menunjukkan keteladanan. Terpenting adalah harus bersabar. Start small, think big, dan move fast,” jelasnya seraya tersenyum. Angie Diyya | Istimewa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here