73 Perempuan Tangguh 2018 | Feny Mustafa Founder & Owner Shafira Corporation

Sejak 1989, Feny merintis bisnis busana muslimah dari nol. Kini,
berubah menjadi kerajaan bisnis, bahkan barometer busana muslimah
Indonesia.

 

Bila menyebut brand busana muslim di Indonesia, merek Shafira & Zoya sudah masuk
daftar teratas. Sosok di balik kesuksesan bisnis tersebut adalah Feny Mustafa yang awal merintis usaha hanya dibantu oleh satu dua karyawan saja.

Bisnis ini bermula dari keprihatinannya terhadap wanita muslimah yang kesulitan menemukan busana tepat untuk berhijab. Dengan modal pinjaman, dia pun memulai usaha busana muslimah. Shafira Corporation yang didirikannya lebih dari seperempat abad kini berkembang dan mempunyai 11 brand.

Selain Shafira dan Zoya, ada Zoya Cosmetic, Encyclo, hingga Mezora. Selain itu, sebuah department store La Grande Mustafa, dan ritel Hijab Factory dengan konsep one stop family shopping.

Ibu dua anak ini mengakui dirinya memiliki sifat tidak mau tanggung-tanggung dalam mengerjakan sesuatu. Dia kerap melakukan survei ke berbagai belahan dunia. Bila menemukan tren busana yang sedang diminati masyarakat global akan diadaptasi ke dalam desain koleksi busana muslim.

Dia juga meyakini pondasi awal usaha adalah networking atau jaringan. Hubungan yang akrab dengan keluarga maupun teman-temannya diakui menjadi pendukung keberhasilan bisnisnya seperti sekarang ini. Hal lain yang tak kalah penting sebagai kunci membangun
bisnis adalah support dari keluarga tercinta.

Untuk menghadapi persaingan, menurut Feny pengusaha harus memiliki mental kuat dan mampu menaklukkan berbagai masalah. Mengelola bisnis fashion sekarang ini lebih mengarah ke industri fashion. “Saya tidak mau asal berspekulasi, tapi penuh perhitungan, dan tidak berbisnis berdasarkan mood. Agar dapat diminati konsumen Indonesia, maka tenaga yang dikerahkan harus lebih besar. Kalau sudah masuk level industri, segala sesuatu mestilah ditempatkan secara profesional, agar tercipta produk berkualitas baik dan laku di pasaran,” paparnya.

Saat ini, Shafira memiliki 20 toko dan layanan digital yang memuat aneka jenis produk. Ribuan karya desain dengan ethical process yang halal juga telah dipamerkan di berbagai ajang nasional maupun internasional.

Pada usia ke-29, merek Shafira digandeng oleh sosok berpengaruh di New York, Imam
Shamsi Ali dan motivator Ippho Santosa untuk mewujudkan pondok pesantren pertama di belahan bumi Amerika. Bernama INKA Pesantren Madani, pondok ini diharapkan mampu menjadi cerminan agama Islam sesungguhnya di Amerika. Direncanakan pesantren ini memiliki fasilitas learning centre yang modern dan lengkap bagi siapa pun yang ingin
mempelajari Islam. Istimewanya lagi, didirikan pula cottage berdesain rumah
adat berbagai provinsi di Indonesia.

Di perhelatan Indonesia Fashion Week 2018, Shafira membawakan tema Ngabaraga
tahun 1920-1930. Kepala desainer Shafira, Sethyawan berkata akan dipamerkan 60 desain. Kebanyakan memakai kain atau tenun sutra asli Garut. Konsep tersebut membawa misi besar yang turut diusulkan oleh Wali Kota Bandung Ridwan Kamil, yakni menjadikan
Bandung sebagai Pusat Fahion Muslim Dunia. Indah Kurniasih | Fikar Azmy

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here