73 Perempuan Tangguh 2018 | Rina Ciputra Presiden Director Ciputra Artpreneur

Dikenal sebagai putri suksesi kerajaan properti milik Ciputra, sejak empat tahun belakangan dia juga mengomandoi lahirnya inkubator artpreneur bertaraf internasional pertama di Tanah Air.

 

Perempuan bernama lengkap Rina Ciputra Sastrawinata ini tak sekadar mewujdukan
mimpi besar sang ayah, Ciputra dalam bidang seni. Dia juga berkomitmen tinggi mengelola gedung seni prestisius di pusat bisnis segitiga emas ibukota. Ciputra Artpreneur berdiri di area seluas 1500 m2.

Terdiri dari tiga galeri, museum, teater, dan ruang pendukung lainnya menempati lantai 11 hingga 13 Ciputra World 1. Galeri dan museum seni berisi karya dari berbagai perupa Indonesia, seperti Affandi, Hendra Gunawan, dan separuh koleksi seni keluarga Ciputra.

Sejak dibuka pertengahan 2014, bertepatan saat Ciputra berulang tahun ke-60, sejumlah pertunjukan musikal broadway untuk pertama kali digelar di Tanah Air. Sebut saja, Sound Musical, Disney’s Beauty and The Beast, Shrek The Musical, dan The Sound of Music. Jumlah kursi di teater berkapasitas 1280 orang dilengkapi fasilitas audio bertaraf internasional.

Desain interior Ciputra Artpreneur ditangani oleh Benoy International yang berbasis di Manchester, Inggris. Sementara, kualitas suara terbaik di Ciputra Artpreneur dihasilkan Meyer Sound. Perempuan kelahiran 6 Maret 1955 ini juga berkonsultasi dengan technical directors Hong Kong Academy of Fine Arts.

“Saya ingin menjadikan Ciputra Artpreneur sebagai destinasi masyarakat lokal maupun internasional untuk menyaksikan pertunjukan seni berkelas dunia. Ke depannya Jakarta menjadi Asia Premier dari beberapa show, sehingga penonton mancanegara datang untuk menonton drama musikal,” untai peraih anugerah Ordine della Stella d’Italia Classe Caveliere dari pemerintah Italia ini.

Pada tahun 2018, salah satu perhelatan pertama yang mencuri perhatian adalah Artpreneur Talk 2018 yang mengulas tema Converting Millenial Into Brand Lovers . Inkubator ini diselenggarakan untuk diskusi bersama memperbincangkan tema yang sedang booming.

Rina mengungkapkan, “Kami di sini memang memadukan art dan entrepreneurship. Hal ini tepat untuk calon pebisnis dan pengusaha pemula saling berbagi insight menghadapi tantangan dan dinamika ke depan.” Pembicara yang hadir saat itu adalah CEO Tokopedia William Tanuwijaya, CMO Go-Jek Piotr Jakubowski, dan lainnya.

Di bulan Agustus ini, karya-karya Hendra Gunawan mendapatkan area panggung utama. Dalam rangka memperingati 100 tahun seniman maestro Indonesia ini berkarya, Ciputra Artpreneur menampilkan koleksi terbesar milik Ciputra untuk dinikmati publik pertama kalinya.

Pameran ini didedikasikan juga sebagai refleksi dari kehidupan dan kontribusi Hendra Gunawan pada seni rupa Indonesia. Tak hanya itu, di bulan yang sama, Ciputra Artpreneur juga memberi sejumlah penghargaan kepada organisasi media atas peran dan kontribusinya dalam melestarikan seni lewat pemberitaan. Silvy Riana Putri | Istimewa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here