73 Perempuan Tangguh 2018 | Theodora Carolina Kawinda Direktur RSUD Pasar Minggu

Berkomitmen terus menggenjot inovasi terkait pelayanan publik, Theodora menjaga konsistensi dalam melayani setiap pasien tanpa terkecuali pengguna BPJS. pelayanan kian disempurnakan dengan digitalisasi dan pemotongan birokrasi.

Diresmikan oleh Pemerintah Daerah DKI Jakarta pada akhir tahun 2015 silam,
Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Pasar Minggu terbilang berfasilitas sangat baik. Kenyamanan kamar rawat inap kelas lll di sini diklaim setara dengan kelas ll rumah sakit swasta lainnya.

Peningkatan fasilitas maupun layanan ditempuh demi menyokong proses penyembuhan para pasien. RSUD Pasar Minggu sendiri memiliki 460 tempat tidur rawat inap. Di rumah sakit yang lekat dengan warna hijau ini juga tersedia 23 poliklinik, mulai dari yang melayani umum hingga spesialis. Di bawah kepemimpinan Theodora Carolina Kawinda, fasilitas tersebut dapat dinikmati tanpa sekat antara pasien reguler maupun BPJS.

Menduduki posisi sebagai direktur sejak tahun 2015, RSUD Pasar Minggu telah membuat beragam terobosan. Salah satunya adalah layanan pembuatan akta lahir secara gratis. Sekitar 700 akta lahir yang diterbitkan, di antaranya 575 akta pada 2016. Menurut istri dr Tito Sulaksito ini, langkah tersebut salah satu inovasi untuk memberikan pelayanan secara komprehensif.

Selain itu, bagi peserta BPJS yang telah terdaftar sebelumnya, tidak perlu lagi melewati proses administrasi panjang dan lama. Di RSUD Pasar Minggu hanya membutuhkan waktu sekitar 15 detik, data pasien akan langsung terdeteksi di mesin pendaftaran. Sementara, bagi pasien BPJS baru, harus membawa surat rujukan dari puskesmas saat berobat ke sana.

Setiap hari ada sekitar 1000 orang yang datang ke rumah sakit, 80% di antaranya merupakan pengguna BPJS. Sistem yang diterapkan di RSUD Pasar Minggu sudah modern dan digital, mulai dari pendaftaran hingga rekam medis pasien telah menggunakan sistem online.

Wanita yang sempat menjadi direktur RSKD Duren Sawit pada tahun 2014 ini juga berhasil membawa RSUD Pasar Minggu meraih beragam apresiasi. Sebut saja penghargaan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) RI pada Januari 2018 atas berbagai inovasi layanan kesehatan yang cepat tanggap dan birokrasi tidak berbelit-belit.

Selang satu bulan setelahnya, RSUD Pasar Minggu juga kembali meraih penghargaan ‘Rumah Sakit Indonesia Terbaik’ yang diperoleh dari Pusat Rekor Indonesia divisi Penghargaan. Berdedikasi membawa rumah sakit ini semakin maju, ibu dari Renita Arlin Puspita ini bertekad kuat untuk membuat pelayanan RSUD Pasar Minggu nyaman dalam berobat maupun penyembuhan setiap pasien.

Aspek eksternal, seperti keluarga pun tak lepas dari penajaman visinya. Taman bermain ramah anak tersedia di sisi rumah sakit. Meskipun, suasananya belum rimbun, karena proses penanaman terbilang baru, pepohonan di bagian halamannya cukup menyejukkan untuk menikmati udara segar di luar ruangan bersama kerabat maupun keluarga para pasien. Indah Kurniasih| Istimewa

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here