Best Achiever in Women Professionals: Fermiyanti Direktur Operasional Bank BJB

Berkarier lebih dari 28 tahun di sektor perbankan, Fermiyanti
telah membekali diri dengan sederet pengalaman bisnis dan
profesionalitas. ketajaman intuisi manajerial didukung nilai
loyalitas terhadap pekerjaan mengantarkannya ke posisi saat ini.

 

Akhir 2017 merupakan momen baru bagi Fermiyanti. Pada momen analyst meeting, Fermiyanti mendapatkan amanah baru di Bank BJB. Dia ditunjuk menjadi direktur operasional. Kapabiltas dan kemajuan telah dicetaknya
saat bergabung dengan Bank BJB hingga menjabat direktur konsumer.

Karier Fermiyanti bermula saat tahun 2011 dipercaya memimpin divisi Card Center & Electronic Banking yang di dalamnya juga terdapat Group KPR. Divisi ini kemudian dikembangkannya pada tahun 2012 menjadi divisi tersendiri, yaitu Divisi KPR & Mortgage yang terus dipimpinnya sampai dengan tahun 2014.

Hingga kemudian, dia lalu ditunjuk sebagai Direktur Konsumer Bank BJB periode 2014- 2018 yang membawahi divisi kredit (kredit konsumer/ perorangan, kredit perumahan dan kredit kendaraan motor), divisi dana dan jasa konsumer, serta unit electronic banking yang di dalamnya juga mencakup wealth management (bancassurance dan reksadana), precious banking, DPLK, dan card center.

Menurut penuturan wanita murah senyum ini, kredit konsumer merupakan ‘pilar pertama’ Bank BJB karena hampir 70% mencakup dari total portofolio kredit. Mayoritas kredit ini bersumber dari nasabah-nasabah PNS, namun adapula dari nasabah non PNS yang bergabung melalui kerja sama dengan beberapa perusahaan dan pensiunan di Tanah Air.

Selain kredit konsumer, Bank BJB juga memiliki layanan terbaru yaitu Dana Pensiunan Lembaga Keuangan (DPLK). “Ini menjadi salah satu jasa yang diciptakan Bank BJB,” ujar lulusan Institut Pertanian Bogor ini. Semasa menjabat direktur konsumer, sederet prestasi telah berhasil ditorehkannya baik dari bidang
perumahan, kredit konsumer, sms banking, hingga internet banking.

Salah satunya adalah penghargaan Top 5 Best Consumer Choice Regional Development Bank pada ajang Indonesia Best Banking Brand Award 2017. Selain itu, Bank BJB dianugerahi pula sebagai pemenang kategori Inovasi Pelayanan (program pembayaran pajak kendaraan bermotor) di ajang Innovation Award 2017.

Di bawah kepemimpinan Fermiyanti sebagai direktur konsumer, Bank BJB turut memberikan apresiasi kepada para nasabah dalam acara Consumer Loan Loyality Program (CLLP) 2017 pada Agustus 2017 lalu. Beberapa kendaraan seperti mobil dan motor dipersembahkan untuk para nasabah.

Tidak hanya itu, wanita yang berkecimpung di dunia perbankan lebih dari 28 tahun tersebut juga sukses membidani program umroh bagi para nasabahnya. Kegiatan tersebut perdana dirintis di zamannya dan menerima apresiasi tinggi dari para nasabah.

Jika di awal kemunculannya pada tahun 2016, Bank BJB memberangkatkan sekitar 55 orang nasabah, kini lebih dari 200 nasabah telah berhasi  diberangkatkan ke Tanah Suci. Program ini merupakan salah satu rintisannya, yang bertujuan kian meningkatkan consumer loyalty dan mendongkrak portofolio kredit konsumer Bank BJB secara keseluruhan.

Dari tahun ke tahun, kini pertumbuhan aset Bank BJB pun semakin meningkat secara berkelanjutan. Jika pada tahun 2016, Bank BJB berada di 13 Besar
Nasional, maka pada tahun 2017 lalu, telah masuk ke dalam 12 Besar.

Fermiyanti mengungkapkan bahwa Bank BJB 70%-nya masih berada di remote area, dan sisanya 30% di luar cakupan remote area. Ini sesuai dengan misi perusahaan, menjadi penggerak dan pendorong laju perekonomian daerah.

Ketika menuturkan harapan terkait amanah yang baru diembannya Fermiyanti menyatakan kalau lingkup kerja sebelumnya telah seiring sejalan dengan
tugas-tugas di tim operasional. Dengan demikian, dia teguh berkomitmen membawa kinerja divisi operasional bergerak lebih cepat, dan mendukung secara optimal divisi lainnya, sehingga menciptakan kemudahan sistem maupun evaluasi dalam memajukan Bank BJB. Indah Kurniasih | Dok. Pribadi

 

untuk membaca artikel selengkapnya, dapatkan majalah Women’s Obsession edisi Maret 2018

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here