Women’s Obsession Awards 2019 – Best Ministers

0
4

 

 

Retno L. P. Marsudi

Menteri Luar Negeri RI

Peran serta Indonesia di kancah internasional dalam isu perdamaian
dan kemanusiaan begitu terasa. Hasilnya antara lain mengantarkan Indonesia dinobatkan sebagai anggota tidak tetap Dewan Keamanan Perserikatan Bangsa Bangsa (DK PBB) periode 2019-2020 pada medio Juni lalu.

Keberhasilan ini tentu tak bisa lepas dari racikan Sang Nakhoda di Kementerian Luar Negeri, Retno LP Marsudi. Secara personal, Retno pun dianugerahi The Best Humanitarian Diplomacy Leader oelh PKPU Human Initiative pada 18 Desember 2018. Penghargaan tersebut diberikan karena Retno dinilai berkontribusi mewakili Indonesia dalam melakukan diplomasi isu kemanusiaan internasional.

Sejak didapuk menjadi Menteri Luar Negeri RI oleh Presiden RI Joko Widodo pada 2014 silam,
gaya diplomasi Indonesia memang menonjol dalam isu-isu kemanusiaan dan perdamaian. Menurut Retno, jika tidak ada perdamaian maka yang paling terkena dampaknya adalah manusia. Konflik mendorong lahirnya sikap bertahan hidup. Sikap ini menghilangkan nilai-nilai kebenaran. Oleh karena itu, Retno menegaskan Indonesia harus terus berada di garda terdepan dalam membantu masalah kemanusiaan di dunia dengan cara yang bermartabat.
Salah satu komitmen Indonesia di tingkat dunia adalah solidaritas terhadap penanganan tragedi kemanusiaan yang terjadi di Palestina.

(Imam)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here