Women’s Obsession Awards 2019 – Best Professionals

0
4

Polana B Pramesti
Direktur Jenderal Perhubungan Udara Kementerian Perhubungan RI

Tiga puluh satu tahun bekecimpung di dunia kebandarudaraan, sepak terjang Polana Banguningsih Pramesti tidak bisa diragukan
lagi. Di tangannya, bandara-bandara bisa masuk di jajaran bandar udara terbaik. Salah satunya adalah menjadikan Bandara I Gusti Ngurah Rai sebagai salah satu bandara terbaik di dunia 2017 saat masih menjabat sebagai direktur teknik Angkasa Pura I (AP I). Di awal tahun 2019, dia kembali mendapat amanah baru sebagai ketua dewan Pengawas AirNav Indonesia.

Selain itu, kini wanita yang lahir tahun 1961 ini dipercaya sebagai Dirjen Perhubungan Udara.
Tanggung jawabnya adalah melaksanakan perumusan pelaksanaan kebijakan, penyusunan norma, standar, prosedur, kriteria, bimbingan teknis maupun supervisi, dan evaluasi maupun pelaporan di bidang bandar udara. Salah satu yang menjadi fokusnya saat ini ada peningkatan sistem keamanan transportasi udara. Meski harga tiket pesawat sempat naik dan kembali turun, dia menegaskan tahun ini akan dilakukan pengetatan-pengetatan di aspek keselamatan. Untuk itu pembangunan-pembangunan, seperti pengembangan bandara dan terminal, menambah terminal, overlay runway, hingga perpanjangan landas pacu terus dilakukan untuk meningkatkan kualitas penerbangan di Tanah Air.

Kampanye Keselamatan Penerbangan melalui kegiatan sosialisasi dan ramp check seluruh fasilitas maupun personel penerbangan dilakukan serempak di sepuluh Otoritas Bandar Udara (OBU) pada awal tahun 2019. Membuka kegiatan tersebut, Polana ingin menciptakan angkutan udara yang selamat, aman, lancar, dan nyaman sebagaimana harapan pengguna jasa penerbangan. Baginya, untuk hal keselamatan tidak ada toleransi. Selain itu, recruitment pilot ab-initio juga telah dilakukan dan menerima sebanyak 27 orang untuk dididik. Lalu ditugaskan sebagai inspektur perbantuan Pengoperasian Pesawat Udara yang untuk ditempatkan pada 10 Kantor Otoritas Bandara di seluruh Indonesia.

(Indah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here