Women’s Obsession Awards 2019 – Best Regional Leaders

Ratu Tatu Chasanah

Bupati Serang

Wanita kelahiran Serang, Banten tanggal 23 Juli 1967 ini merupakan mantan wakil bupati Serang periode
sebelumnya. Dia kemudian maju dan memenangkan Pilkada Serang tahun 2015.

Dengan hasil perolehan suara sebanyak 60,54% persen, Ratu Tatu Chasanah memenangkan posisi untuk memimpin Kabupaten Serang sekali lagi, namun kali ini sebagai Bupati Serang bersama wakil Pandji Tirtayasa. Pasangan tersebut memperoleh suara sebanyak 319.696 dari  565.005 pemilih yang menggunakan hak suaranya.

Kepemimpinan sang bupati dalam pelayanan publik bidang perlindungan perempuan dan anak secara keseluruhan terlaksana dengan baik. Terindikasi dari keberhasilannya mendapatkan penghargaan Manggala Karya Kencana tidak lepas dari kesuksesan dalam program keluarga berencana (KB). Penghargaan ini diharapkannya dapat meningkatkan motivasi Pemkab Serang untuk membangun kualitas masyarakat yang dimulai dari keluarga yang baik. Kemudian, dinilai sukses menjalankan UU tentang Ketenagakerjaan, bupati Tatu juga dianugerahi penghargaan Paritrana Award.

Fokus program Pemkab Serang pada peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dinilai sebagai bentuk empowering people, menjadikan manusia sebagai subjek pembangunan. Menurut Tatu,masyarakat adalah subjek pembangunan, bukan objek. Oleh karena itu, fokus program peningkatan IPM tentu bisa menyelesaikan masalah pembangunan daerah. Program andalannya terkait berbagai aspek pendidikan, kesehatan, dan pengembangan ekonomi masyarakat. Di bidang pendidikan, Pemkab Serang memberikan beasiswa kepada siswa SD, hingga perguruan tinggi dan berbagai insentif kepada tenaga pendidik maupun kependidikan.

Pada bidang kesehatan, telah diberikan jaminan kesehatan untuk kader posyandu, peningkatan kuantitas tenaga kesehatan, kualitas pelayanan kesehatan, hingga program jampersal dan rumah tunggu kelahiran. Sedangkan di bidang ekonomi atau daya beli masyarakat, Tatu mendorong melalui pengembangan UMKM, pembangunan infrastruktur, dan pengembangan pariwisata. Ada pula rencana pembangunan Islamic Centre yang telah masuk pada tahap penyusunan detail engineering design (DED).

(Angie)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here