Fetty Kwartati | Melabuhkan Dedikasi di Dunia Retail

Fetty Kwartati Director of Investor Relations & Corporate Communications PT MAP TBK
Merintis karier di PT Mitra Adiperkasa Tbk (MAP), ketika perusahaan menjelang
initial public offering (IPO) meretas catatan memori seorang Fetty Kwartati.

“Saya menjadi salah satu anggota tim yang menangani proses IPO MAP. Keterlibatan saya
juga terkait dengan latar belakang di pekerjaan sebelumnya, yakni bankir. Itulah salah satu yang mendorong perusahaan memberikan tanggung jawab di bidang treasury division yang terkait dengan banking relationship. Sejak saat itu pula, saya dipercaya menangani pekerjaan corporate secretary dan treasury hingga kini. Dalam perjalanan selama 15 tahun berkarier di MAP, saya juga pernah memimpin divisi human resources dan general affair. Saat ini selain corporate secretary/corporate communication, saya juga menangani investor relations, treasury, dan MAP Gift Voucher serta CSR,” ucap Fetty membuka rekam jejaknya di MAP Group yang sudah berusia 28 tahun ini.

Doing something what you love adalah refleksi yang tepat menggambarkan terpautnya hati Fetty di dunia retail. Kolektor wastra Nusantara ini mengakui senang menggeluti bidang keuangan, komunikasi, dan kehumasan.

Seiring perkembangan status perusahaan yang telah menjadi milik publik sejak IPO, kemampuannya di bidang pasar modal dan investasi kian terasah saat bertemu dengan para investor maupun business analyst. Dia berkata, “Puji Tuhan, hingga saat ini perusahaan selalu memberikan dukungan dan kepercayaan untuk bersama-sama mengembangkan karya. Contohnya, ketika dua anak perusahaan MAP yang sudah go public yaitu PT MAP Aktif Adiperkasa dan PT MAP Boga Adiperkasa, saya pun ikut bergabung menjadi bagian dalam tim inti proses tersebut.”

Selain divisi corporate communications, gift voucher, treasury, dan investor relations, tanggung jawab Fetty juga mencakupi urusan corporate social responsibility yang terkait pengentasan ataupun antisipasi terhadap masalah kesejahteraan sosial melalui pendidikan karakter melalui wujud nyata yaitu Rumah Belajar Anak Bintang (RAJAB). MAP baru saja menerima penghargaan CSR tingkat nasional berupa Padmamitra Award 2018 untuk bidang Keterlantaran dari Kementerian Sosial RI.

Bertarung di Tengah Perubahan

Bisnis retail yang dilakoni MAP di era teknologi saat ini salah satu tantangannya bersaing dengan ‘pemain’ e-commerce yang tumbuh subur. Dengan kemajuan teknologi dan perubahan pola berbelanja masyarakat saat ini, MAP pun tak akan berpangku tangan. Riset,
restrukturisasi, transformasi, dan kolaborasi dibangun dengan cara komprehensif.

“MAP telah melalui transformational period selama 2013-2016, yakni telah banyak melakukan inisiatif perbaikan dalam segala bidang di perusahaan. Mulai dari inventory management system, cost efficiency, brand rationalization, penutupan sejumlah toko, dan melakukan restrukturisasi beberapa unit bisnis, sehingga dampaknya dapat terlihat selama tahun 2017 dan 2018 melalui pertumbuhan penjualan maupun profit. Strategi tersebut terus dilanjutkan dan ekspansi perusahaan lebih diarahkan pada brand yang telah terbukti kuat sebagai growth engine, termasuk mampu memberikan keuntungan ataupun produktivitas yang tinggi,” paparnya.

Naskah Silvy Riana Putri | Foto Fikar Azmy

Selengkapnya baca majalah cetak maupun digital Women’s Obsession Edisi Oktober 2018

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here