Singularity in MUFFEST 2019

Ajang fashion muslim Indonesia

0
4

Rutin diadakan menjelang Ramadhan, MUFFEST 2019 akan kembali diselenggarakan untuk keempat kalinya pada awal Mei 2019. Bertajuk Singularity akan ada Exhibition (pameran dagang) ritel atau B2C (Business to Customer) dan mengarah pada B2B (Business to Business). Selain seminar, fashion design competition serta fashion show, tahun ini akan ada pula fashion presentation. Menampilkan ragam gaya busana muslim karya desainer Indonesia, mulai dari konvensional, kontemporer, hingga syar’i yang mengacu pada Indonesia Trend Forecasting 2019/2020.

Perhelatan ini didukung penuh pihak pemerintah, yaitu Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, SMESCO, Badan Ekonomi Kreatif. Serta didukung oleh Tokopedia sebagai official e-commerce partner, Wardah sebagai official make up, dan pihak sponsor lainnya, yaitu Elzatta, UBS Gold, serta Asia Pacific Rayon. Acara ini juga turut menggandeng community partner, yakni Hijabers Mom Community dan Islamic Fashion Institute (IFI).

Dari kiri ke kanan, Apriani, GM Operations Dyandra Promosindo; Lisa Fitria, National General Secretary IFC; Basrie Kamba, Direktur Asia Pacific Rayon; Armel Arifin, Direktur Bisnis dan Pemasaran SMESCO; Andi Djoewarsa, VP Marketing Tokopedia; Sulika, PR Manager Wardah; Tika Latifani Mulya, Head of Marketing & Promotion Elzatta; Erwin Suganda, Creative Director UBS Gold; dan Ali Charisma, National Chairman IFC.

Kegiatan Pre-Event

Berbagai acara pre-event MUFFEST yang inspiratif dan interaktif juga digelar tahun ini. Di antaranya Elzatta x Modest Young Designer Competition (MYDC) supported by Asia Pacific Rayon. Acara tersebut merupakan ajang kompetisi untuk para desainer muda dalam menunjukkan kreativitas di bidang fashion muslim. Mengusung tema desain ‘Neo Medieval’ atau ‘Exhuberant’, berlangsung pada 18 Februari-8 Maret 2019. Setelah proses seleksi, Dewan Juri memilih 15 finalis MYDC 2019. Mereka selanjutnya mendapatkan coaching dari IFC, Elzatta, dan APR untuk menampilkan karyanya di ajang MUFFEST 2019.

Wardah sebagai sponsor juga mengadakan dua pre-event, yaitu Wardah Next Face MUFFEST 2019 dan Wardah Make Up & Hijab Do Competition. Pengumuman pemenang kedua kompetisi yang diselenggarakan oleh Wardah ini akan berlangsung pada acara MUFFEST 2019.

Trunk Show yang menampilkan koleksi dari 10 desainer yang akan tampil di fashion show MUFFEST 2019, antara lain dari Hannie Hananto, Raegitazoro, Noore, Mandjha Hijab Ivan Gunawan Premium Collection, Aldre, Ria Miranda, Ayu Diah Andari, Sofie, Rosie Rachmadi, dan Irna Mutiara.

Mengangkat Sustainable Fashion

“MUFFEST 2019 akan hadir dengan meningkatkan kualitas produk fashion muslim Indonesia agar memiliki daya saing tinggi, termasuk mengarahkan pada konsep sustainable fashion. Dengan target Indonesia sebagai barometer fashion muslim dunia, MUFFEST 2019 berupaya menggaungkan tawaran Trend Fashion Muslim 2020 yang diarahkan sebagai identitas busana muslim Indonesia,” tutur Ali Charisma, National Chairman Indonesian Fashion Chamber.

Jelang penyelenggaraan MUFFEST 2019 hadir para narasumber, di antaranya Ali Charisma selaku National Chairman IFC; Lisa Fitria selaku National General Secretary IFC; Apriani selaku General Manager Operations Dyandra Promosindo; Andi Djoewarsa selaku VP Marketing Tokopedia; Sulika selaku PR Manager Wardah; Tika Latifani Mulya selaku Head of Marketing & Promotion Elzatta; Basrie Kamba selaku Direktur APR; Erwin Suganda selaku Creative Director UBS Gold; dan Perwakilan dari Pemerintah yaitu Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, SMESCO, dan Badan Ekonomi Kreatif.

Para pembicara, desainer, dan model berfoto bersama pada press conference MUFFEST 2019.

Acara Konferensi Pers MUFFEST 2019 diakhiri Trunk Show menampilkan koleksi modest wear karya desainer Indonesia yang berpartisipasi dalam MUFFEST 2019. Di antaranya adalah Ria Miranda, Ayu Dyah Andari, Mandjha Hijab Ivan Gunawan Premium Collection, Sofie, Raegitazoro, Hannie Hananto, Noore, Aldre’, dan Irna Mutiara. Nur A | Foto: Dok. MUFFEST 2019

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here