Letter D Cuisine & Bar | Sajian Khas Asia & Western

 

Menyebut nama Chef Degan, maka kita akan segera mengingatnya sebagai salah satu chef terkenal di Tanah Air. Pria yang juga dikenal menjadi juri salah satu reality show televisi kompetisi memasak ini wajahnya sudah begitu akrab di masyarakat.

Kecintaannya pada dunia kuliner tak diragukan lagi. Dia pun sukses menuangkan passion-nya dengan membuka Cafe Degan di Bali.

Kini, Chef Degan kembali memberikan petualangan pecinta kuliner untuk mencicipi ragam olahannya di  Letter  D Cuisine & Bar yang berlokasi di Jalan Ahmad Dahlan, Jakarta Selatan.

IMG_9740

Konsep yang dimiliki Letter D Cuisine & Bar ini berbeda dengan restoran sebelumnya. Memasuki ruangan tempat makan tersebut kita segera akan menangkap kesan nyaman.

Berkat efek adanya interior jendela-jendela berukuran besar di sekitar restoran, yang memberikan banyak cahaya matahari memasuki ruangan.

Secara keseluruhan konsep back to basic, restoran berkapasitas 120 kursi dengan dua lantai ini memiliki desain klasik minimalis.

Terlihat dari  penataan kursi-kursi dan meja kayu berwarna cokelat, dekorasi ruang berbentuk besi klasik, mesin tik tua, hingga botol-botol minyak zaitun besar yang diletakkan di beberapa sudut restoran.

Chef Degan mencoba merepresentasikan diri perjalanan kariernya selama puluhan tahun malang melintang di dunia kuliner lewat ragam masakan yang tersedia di Letter D.

Masakan Western misalnya, merupakan tempat dia pernah menghabiskan masa lalunya di Jerman. Kemudian aneka menu Thailand adalah salah satu keahliannya, lantaran Chef Degan juga pernah berkarier di Negeri Siam.

Sementara, masakan Indonesia  menjadi wujud kecintaannya terhadap tanah kelahirannya. Jadilah,  Letter D sebuah restoran yang menyediakan ragam menu perpaduan  Asia dan Western.

IMG_9672

SALMON LODEH ISTIMEWA

Menariknya, masakan Indonesia di Letter D, mampu diwujudkan dengan tampilan berbeda yang lebih menarik, seperti Salmon Lodeh, yaitu sayur lodeh yang disajikan dengan slow roasted salmon filet. Rasanya pun sangat yummy.

Perpaduan gurihnya sayur lodeh berbumbu santan khas Indonesia dan salmon fillet ala Western yang terasa sangat lembut di lidah. Inilah menu andalan yang konon hanya ada di Letter D, karena sang Chef  meramu sendiri makanan tersebut.

“Selama ini orang menganggap sayur lodeh sebagai masakan rumah biasa. Tapi, Chef Degan ingin mempresentasikan ke level internasional dengan tampilan menarik.

Jadi, untuk fine dining pun salmon lodeh bisa dipesan. Selain tampilannya cantik, rasanya juga enak sekali,” terang Aulia Annisa, F&B Sales Coordinator Letter B.

Menu lain yang tak kalah menggoda adalah Iga Sapi Bakar yang terasa sangat lezat dan lembut menyapu di lidah. Sedangkan untuk pembuka, kita bisa memulainya dengan salah satu menu appetizer Avocado Prawn atau Yum Nuea berupa Thai Beef Salad.

IMG_9748RAGAM TEH DAERAH

Untuk menutup jamuan makan, menu dessert Eten Mess bisa kita jadikan pilihan sempurna. “Ini merupakan  dessert unik yang hanya dimiliki Letter D.

Terdiri dari vanilla ice cream, whipped cream, meringue, dan strawberry. Disebut mess, karena penampilannya yang berantakan,” ujar Aulia kepada Women’s Obsession.

Karena terdapat bar di lantai 2, tempat untuk tamu bersantai menikmati aneka macam minuman. Letter D juga menyediakan beragam jenis menu minuman yang lengkap, mulai dari cocktail, mocktail, beer, teh, dan kopi.

Uniknya, disajikan juga  beragam jenis teh dari berbagai daerah, seperti dari Tegal, Pekalongan,  Sukabumi, Cirebon, hingga Surakarta. Sementara, untuk minuman kopi kita bisa  mencicipi  kopi tanamera dengan keharuman khas yang membuat kita penasaran ingin menikmatinya. Suci Yulianita | Sutanto

 

 

 

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here