Top 10 Most Expensive Paintings in the World

Ulasan mengenai lukisanlukisan termahal di dunia selalu menjadi magnet. Sejumlah karya pelukis legendaris memang pantas dihargai hingga triliunan rupiah. Mulai dari Leonardo da Vinci, Willem de Kooning, Jackson Pollock, hingga Pablo Picasso. Inilah 10 lukisan termahal di dunia yang dirangkum Women’s Obsession:

Salvator Mundi

Salvator Mundi atau berarti ‘Penyelamat Dunia’ menjadi lukisan nomor satu termahal di dunia, karena terjual setelah 20 menit lelang dibuka. Pertama kali menghebohkan dunia seni pada pertengahan November lalu, lukisannya terjual menyentuh angka Rp6 triliun. Tingginya harga
lelang membuktikan hanya sedikit karya Salvator yang eksis di dunia. Rumah lelang Christie’s menyebutkan ada 20 lukisan yang pernah dibuatnya dan semua karya tersebut dipajang di museum-museum, hanya sedikit yang berada di tangan kolektor.

When Will You Marry

Karya Paul Gauguin asal Prancis pada tahun 1892 ini terjual mencapai US$300 juta atau setara Rp3,8 triliun. Lukisan tersebut menunjukkan dua wanita muda di padang rumput bermandikan matahari di Tahiti dengan panorama pegunungan menjulang di cakrawala. Berlatar belakang pekerja yang tengah berusaha keras di lapangan. Salah satu dari wanita itu mengenakan baju asli tradisional Tahiti, sementara lainnya memakai baju bergaya kolonial, gaun misionaris yang melambangkan konvensi Eropa dan kebiasaan Polinesia.

The Card Players

Lukisan buatan seniman Prancis, Paul Cezanne tersebut terjual seharga 160 juta poundsterling (Rp2,44 triliun), seperti yang diberitakan Daily Mail pada 4 Februari 2012. Lukisan ini dibeli oleh bangsawan asal Qatar pada tahun 2011 dari seorang konglomerat perkapalan Yunani, George Embiricos. Sesuai dengan judulnya ‘The Card Player’, lukisan yang dibuat pada tahun 1893 ini menggambarkan dua orang pria yang sedang bermain kartu. Mereka adalah anggota keluarga dari sang pelukis dengan latar belakang rumah peristirahatan keluarga di kota Aix-en Provence, Prancis.

Les Femmes d’Alger

Lukisan ini menjadi yang termahal di 2015, karena baru 11 menit masuk ke bursa lelang, karya Pablo Picasso sudah terjual senilai Rp2,3 triliun di rumah lelang Christie’s, New York, jauh lebih tinggi dari prediksi awal senilai Rp1,8 triliun. Gambarnya adalah seorang perempuan bugil dan setengah bugil. Picasso membuatnya dalam kurun waktu dari 1954 hingga 1955 dan menjadi satu di antara 15 karya lukisan terbaik sepanjang hidupnya.

Reclining Nude

Sekitar 100 tahun lalu, seniman bernama Amedeo Clemente Modigliani sempat menuai kontroversi dengan memajang lukisan telanjang seorang perempuan di Paris, bahkan sampai ditangkap pihak kepolisian kala itu. Skandal tersebut membuat lukisan berjudul Reclining Nude menarik perhatian tujuh pembeli potensial yang masing-masing menawar dengan harga tinggi di rumah lelang Christie’s pada November 2015. Hingga akhirnya, terjual sebesar US$170,4 juta (setara Rp2,5 triliun).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here