Museum Terbaik di Dunia

Menyimpan barang-barang bersejarah hingga koleksi benda unik, museum menjadi salah satu objek wisata yang menarik untuk dikunjungi. Indonesia sendiri selain menyimpan berbagai koleksi mengagumkan, banyak pula gedung-gedung peninggalan penjajahan pada masa lampau yang dijadikan museum. Sementara, di beberapa negara, bahkan terdapat museum yang memiliki koleksi-koleksi benda yang terbilang aneh. Berikut beberapa museum terbaik di dunia versi Women’s Obsession

 

National Museum Of Anthropology (Meksiko)

 

Museum ini berlokasi di antara Paseo de la Reforma dan Jalan Mahatma Gandhi di Taman Chapultepec, Kota Meksiko. Terdapat 23 ruang pameran permanen di museum yang didirikan sejak tahun 1964 ini. Pengunjung dapat menemukan berbagai peninggalan peninggalan arkeologi dan antropologi dari zaman pra-Kolumbus atau sebelum ditemukannya benua Amerika.

 

Salah satu koleksi yang terkenal di sana, yakni Stone of the Sun Aztec dan patung Xochipilli. Selain itu, ada pula ruang pameran yang berisi peninggalan-peninggalan suku Maya dan Oaxaca. Bahkan, terdapat koleksi tentang Teotihuacan, yakni situs arkeologi besar yang terletak di lembah Meksiko.

 

Egyptian Museum (Mesir)

 

Menjadi salah satu yang terbaik di dunia, ada sekitar 120 ribu koleksi yang tersimpan di museum ini. Di lantai dasar, pengunjung dapat menemukan berbagai artefak dari Kerajaan Baru yang berasal dari tahun 1550 dan 1069 SM. Ada pula koin-koin kuno yang terbuat dari berbagai bahan, seperti emas, perak, dan perunggu.

 

Tidak hanya itu, benda benda dari makam Firaun Nebkheperure Tutankhamun juga berada di museum yang berdiri pada tahun 1835 ini. Selain itu, ada ruang mumi kerajaan yang berisi 27 mumi dari kerajaan mesir kuno terdahulu. Termasuk berbagai benda dari makam para Firaun, seperti Thutmosis III, Amenophis II, Hatshepsut, dan lainnya.

 

Museum Gajah (Indonesia)

 

Museum Gajah atau yang juga dikenal sebagai Museum Nasional Indonesia ini berlokasi di Jl. Medan Merdeka Barat, Gambir, Jakarta Pusat. Didirikan pada tahun 1778. Museum Gajah merupakan yang pertama dan terbesar di Asia Tenggara. Hingga tahun 2006, total koleksi yang dimiliki berjumlah 140.000 buah, terdiri dari arca-arca kuno, prasasti, senjata tradisional, hingga barang-barang kerajinan.

 

Di bagian halaman museum terdapat sebuah patung gajah berbahan perunggu yang berasal dari tahun 1871. Di sana, pengunjung juga dapat menemukan arca Buddha tertua di Indonesia, yakni arca Buddha Dipangkara yang terbuat dari perunggu. Ada pula naskah manuskrip kuno, dan patung Bhairawa yang berasal dari abad ke-13.

 

Museum Louvre (Prancis)

 

Selain masuk dalam jajaran yang terbaik, museum ini juga masuk termasuk museum seni terbesar di dunia. Terdapat lebih dari 380.000 koleksi benda kuno yang berasal dari beberapa negara di dunia. Salah satu ruangan yang ada di sana adalah Galerie Campana. Ruangan ini menampilkan lebih dari 1000 koleksi tembikar Yunani.

 

Ada pula patung Nike of Samothrace yang berasal dari tahun 190 SM. Sementara, pengunjung yang ingin menikmati keindahan lukisan dapat menemukan lebih dari 7500 karya yang berasal dari abad ke-13 hingga tahun 1848. Di antara sekian banyak koleksi yang ada, salah satu yang paling ternama, yakni lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci dan piala terracotta abad kesembilan.