PEMILU.AI Resmi Hadir Sebagai Platform Kampanye Berbasis Kecerdasan Buatan

Menyambut pesta demokrasi yang akan berlangsung tahun 2024 mendatang, platform kampanye politik dengan format artificial intelligence resmi hadir di Indonesia. Diperkenalkan dengan nama PEMILU.AI, platform ini berperan sebagai konsultan politik personal.

 

”PEMILU.AI dirancang untuk menganalisis big data, seperti data politik, sosial ekonomi, demografi, profil persona caleg, hingga data media sosial dan media online dari daerah pemilihan, sehingga nantinya bisa memberikan rekomendasi microtargeting strategi kampanye tepat sasaran yang sesuai dengan target suara, wilayah dan kelompok sasaran, serta persona caleg,”  ujar Luky Djani selaku CEO PEMILU.AI.

 

 

Baca Juga:

Grebeg UMKM DIY 2023 Sinergikan Merek Lokal Go Global

Semarak Kilau Perayaan The Palace Berikan Hadiah Berlian

 

 

Platform PEMILU.AI diharapkan menjadi terobosan baru yang menjadi jawaban bagi kebutuhan para caleg untuk memberikan kesempatan yang sama bagi setiap calon wakil rakyat. Khususnya mempermudah upaya terwujudnya aspirasi masyarakat lewat pemilu yang berintegritas dan setara.

 

Berbasis kecerdasan buatan, nantinya para caleg akan mengisi formulir informasi sedetail mungkin agar bisa mendapatkan rekomendasi yang paling relevan. Dari data-data yang diberikan, PEMILU.AI akan mengkombinasikan data-data caleg dengan konstituen di dapilnya.

 

 

 

 

Luky menambahkan, “Dari sisi rekomendasi strategi kampanye, PEMILU.AI dapat membantu calon anggota dewan perwakilan rakyat, mendapatkan wilayah sasaran, target suara, rekomendasi strategi, kegiatan dan kelompok sasaran per kecamatan berdasarkan isu kritikal daerah pemilihan, serta rekomendasi berita online di daerah pemilihan.”

 

Dari sisi komunikasi kampanye, PEMILU.AI dapat merancang komunikasi kampanye mulai dari slogan, narasi pidato, caption media sosial, target sasaran iklan, dan desain APK, hingga dapat menyediakan aplikasi monitoring timses, yang dirancang untuk membantu calon legislatif meningkatkan peluang memenangkan pemilihan dalam kampanye mereka.”

 

Selain memudahkan para caleg dengan memberikan rekomendasi kampanye, hingga data-data konstituen, PEMILU.AI juga dilengkapi dengan aplikasi bernama 'Tim Sukses'. Aplikasi ini dapat membantu memonitor kegiatan dan mengukur efektivitas Tim Sukses, dalam melakukan canvassing, penggalangan dukungan, dan kegiatan kampanye.