Kartini Inspiratif 2024 | dr Ayu Widyaningrum, Master of AAMS, Master of IBAMS: Ciptakan Terobosan Baru untuk Perempuan Indonesia

Owner Widya Esthetic Clinic

 

Mewah dan elegan adalah gambaran batik yang melekat di benak dr Ayu Widyaningrum. Detail rumit yang tergurat dari tangan-tangan perempuan pembatik itu telah memesonanya sejak lama, menumbuhkan rasa cinta terhadap warisan para leluhur. Begitupun dengan perempuan, menurutnya adalah makhluk yang berhak untuk dikagumi kelembutan maupun ketegarannya. Salah satu cara menghargai perjuangan kaum perempuan adalah dengan memberikan kesempatan yang sama untuk menjadi cantik seperti yang mereka inginkan.

 

Hal inilah yang diperjuangkan penerima penghargaan Indonesia’s Beautiful Women (IBW) 2023 ini dengan mendirikan Widya Esthetic Clinic di kota kelahirannya, Banjarmasin. Setiap perempuan bisa mendapatkan layanan perawatan kecantikan berkualitas tanpa harus pergi jauh-jauh ke Jakarta atau bahkan ke luar negeri.

 

Karena itu pula, dr Ayu senantiasa memperkaya pengetahuannya dan tak henti berinovasi. Sebut saja luxury booster treatment yang baru dihadirkan tahun ini, selain biofiller dan autologous stem cell therapy yang sudah ada sebelumnya. Dia menargetkan tahun ini Widya Esthetic Clinic makin dikenal.

 

BACA JUGA:

Kartini Inspiratif 2024 | Dr dr Alfiah Amiruddin, MD, MSurg: Sentuhan Presisi Membawa Harapan Baru

Kartini Inspiratif 2024 | Eifi Basuki: Lampaui EkspektasI Melangkah Pasti

 

Dia menuturkan, “Harapannya jumlah kedatangan pasien baru terus meningkat dan kunjungan pasien lama juga stabil. Dari situ kita bisa melihat bagaimana kualitas dan kinerja Widya Esthetic ini sudah berhasil atau tidak. Jadi, target ke depannya saya juga ingin lebih mengembangkan diri.” Dia ingin menciptakan sesuatu yang baru dalam perkembangan dermatologi estetik, bagaimana menciptakan terobosan teranyar untuk kesehatan kulit masyarakat Indonesia, sehingga bisa merangkul semua kalangan.

 

Keinginan itu sejalan dengan filosofi hidupnya untuk terus melangkah ke depan. Dia belajar untuk menjadikan kesalahan di masa lampau sebagai pengalaman dan pembelajaran, bukan untuk kembali lagi ke masa lalu. “Apa yang kita putuskan hari ini, bisa jadi sesuatu yang lebih indah dan lebih baik pada masa yang akan datang. Kita harus terus belajar, bekerja keras, dan selalu mengembangkan inovasi maupun potensi diri kita,” imbuhnya dengan bersemangat

 

Ibu lima anak ini juga berpendapat perempuan adalah makhluk hebat, seperti yang dikatakan Kartini seabad lalu. Perempuan bisa menjadi pencari nafkah, pendidik yang membimbing anak-anaknya, hingga mengurus semua keperluan rumah tangga. Tidak ada peran yang tidak bisa dijalankan perempuan, apalagi pada zaman sekarang ini. “Jangan lagi kita berpikir bahwa perempuan harus selalu berada di rumah, tidak boleh bekerja ataupun berprestasi. Menurut saya seorang perempuan hebat itu bisa mengembangkan potensi yang ada di dalam dirinya,” terangnya.

 

 

Meskipun tidak berasal dari kota besar, dr Ayu berhasil membuktikan diri dengan berbagai pencapaian yang tidak bisa disepelekan. Berkat kerja kerasnya tahun lalu, dia menerima penghargaan IMM Asia Awards untuk kategori The Most Inspiring Doctor and Beauty Expert 2023 yang berlangsung di Singapore Expo Convention & Exhibition Centre, Singapura.

 

Selain itu, dia juga meraih penghargaan The Alpha under 40 dari HighEnd Magazine bulan November 2023 lalu. Sebagai apresiasi terhadap sosok inspiratif di bawah usia 40 tahun yang memiliki karakter ‘alpha’. Atau pemimpin di bidangnya yang sukses berkarya dan mampu memotivasi orang lain, agar dapat meraih kesuksesan dan membawa Indonesia menjadi semakin maju.

 

“Tantangan terbesar bagi perempuan di era modern sekarang ini adalah dunia sudah berubah menjadi serba digital. Seorang perempuan harus bisa mengikuti trend perkembangan zaman, dengan adanya dunia digital maupun media sosial, seperti Instagram, YouTube, TikTok, dan lainnya. Bukan hanya untuk kepentingan kita sendiri, melainkan juga untuk masa depan anak-anak,” tandas perempuan yang lebih suka menghabiskan waktu me time bersama kelima buah hatinya ini tanpa ragu sedikitpun.