Ajang JAVME, Pameran B2B Terlengkap untuk Kebutuhan Audio Visual dan Musik di Indonesia

Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024 untuk pertama kalinya akan digelar pada 27-30 November 2024 di Hall B3, JIExpo Kemayoran, Jakarta. Pameran ini digagas akan menjadi pameran dagang  (B2B) internasional terlengkap di Indonesia untuk sektor industri audio, video, musik, dan pencahayaan panggung. Menjadi cikal bakal titik temu tahunan produsen, distributor, penyedia layanan, dan profesional industri audio visual dan musik di Indonesia.

 

Perkembangan sektor industri audio, video, musik, dan pencahayaan panggung di Indonesia sendiri telah menjadi tulang punggung perkembangan beberapa sektor Industri. Seperti penata acara, hiburan, teknologi audio video untuk ruang ibadah , dan MICE ( Meeting, Incentive, Convention, Exhibition ), dan ini memberikan multiplier-effect  ke berbagai sektor lainnya.

 

Dr. Mohamad Amin, M.Sn., MA Direktur Musik, Film, dan Animasi dari Kementerian Pariwisata & Ekonomi Kreatif Republik Indonesia menyatakan bahwa, “Ketika kita berbicara industri audio, video, musik, saya teringat betapa besarnya efek konser musik pada getaran ekonomi . Kita bisa melihat contohnya dari konser-konser selama tahun 2024, yang bisa menyediakan pemesanan hotel, pariwisata, dan penjualan lokal. Saya berharap, pameran ini adalah salah satu bagian untuk membentuk industri-industri kita, terutama untuk memajukan konser industri yang efeknya luar biasa berharap terhadap perekonomian.”

 

 

“Pameran ini adalah wujud kolaborasi kita bersama sub-sektor industri Pro Audio untuk kebutuhan audio, Pro Media untuk kebutuhan media visual, Pro Light untuk kebutuhan lighting, Pro Stage untuk kebutuhan panggung, serta Pro Music untuk kebutuhan instrument dan musik. Kami juga mendapatkan dukungan penuh dari APAVMI selaku Asosiasi Penggiat Peralatan Audio Video Musik Indonesia,” ungkap Deny Yunus sebagai direktur Songolas Exhibition Services (19 Events) penyelenggara Jakarta Audio Video Music Expo (JAVME) 2024.

 

Hendry Kaihatu selaku Ketua Umum APAVMI (Asosiasi Penggiat Peralatan Audio Video Musik Indonesia) pun menyatakan dukungannya atas diselenggarakannya pameran berskala internasional ini. “Digelarnya acara JAVME untuk pertama kalinya ini tentu demi perkembangan industri audio visual dan musik Indonesia yang lebih berkualitas. Sekaligus mendorong pertumbuhan komunitas pecinta musik dan audio visual dan mempromosikan produk audio visual berkualitas untuk para penggiat di Indonesia. Tentunya hal ini sejalan dengan situasi industri kreatif, terutama di bidang musik dan audio visual Indonesia yang semakin maju dari tahun ke tahun. Kita bisa melihat hal tersebut dari kesiapan Indonesia sebagai negara pemenang ASEAN Tourism Awards 2024 pada kategori ASEAN MICE Venue.”

 

(Elly | Foto: Dok. 19 Acara)