Kudapan Khas Lebaran di Dunia

Setiap kali merayakan hari raya Idulfitri, berbagai kudapan khas akan tersedia di meja. Kemunculan berbagai olahan ini juga menjadi salah satu yang ditunggu-tunggu. Setiap negara tentu memiliki berbagai sajian dengan rasa yang berbeda. Ada yang menyajikan cita rasa manis, hingga gurih. Di Tanah Air sendiri, makanan khas kala merayakan Idulfitri adalah nastar, opor, ketupat, hingga kue kue kering. Berikut adalah makanan khas lebaran di beberapa negara di dunia.

 

Kahk, Mesir

Menjadi bagian dari sejarah dan budaya umat muslim di Mesir, kahk sudah ada sejak tahun 1540-1570 SM. Kahk sendiri menjadi kudapan yang wajib ada ketika perayaan Idulfitri di sana. Pada hari ke 20 bulan Ramadhan, para perempuan di Mesir akan berada di sudut-sudut rumah untuk mengolah kue yang satu ini. Kahk adalah kue berbentuk bulat terbuat dari tepung terigu, gula, mentega, dan wijen. Umumnya, bagian dalam kahk diisi dengan kacang atau kurma. Ketika sudah matang bagian atasnya akan ditaburi gula halus sebagai pemanis.

 

Laasida, Maroko

Di hari raya Idulfitri, hampir di semua rumah umat muslim di Maroko tersaji Laasida. Memiliki tampilan seperti puding beras, makanan yang bercita rasa manis ini dibuat dari couscous. Dicampur dengan madu sebagai perasa dan sedikit mentega, masyarakat umumnya mengonsumsi laasida bersama beberapa makanan pendamping yang terdiri dari buah-buahan segar. Sebut saja buah ara, hingga delima. Secangkir teh hangat biasanya turut hadir untuk melengkapi sajian tersebut.

 

Baklava, Turki

Pada awal kemunculannya, baklava hanya disajian untuk para bangsawan. Namun, seiring berjalannya waktu, semua masyarakat akhirnya bisa turut merasakan kenikmatan sajian ini. Baklava sendiri merupakan sajian bercita rasa manis khas Turki. Kudapan ini memiliki lapisan lapisan tepung renyah yang diselingi dengan berbagai campuran kacang, seperti kacang kenari, almond, dan pistachio. Setelah selesai dipanggang, baklava akan disiram dengan sirup yang dibuat dari campuran madu, lemon, dan kayu manis.

 

Bolani, Afghanistan

Memiliki rasa yang gurih, bolani adalah roti pipih yang dimasak dengan cara digoreng atau dipanggang. Roti bernuansa putih ini memiliki isi yang beragam, seperti bayam, kentang, hingga daun bawang. Untuk menikmatinya, masyarakat umumnya memadukan bolani dengan yogurt untuk memperkaya cita rasanya. Sajian ini biasanya dibuat ketika malam lebaran pertama. Selain itu, pada beberapa perayaan besar seperti ulang tahun dan upacara pernikahan, bolani juga kerap hadir memanjakan lidah.

 

Sheer Khurma, Pakistan

Kenikmatan sheer khurma tidak hanya dinikmati oleh masyarakat Pakistan, tapi juga di Afghanistan, dan daerah Asia Tengah lainnya. Sheer khurma adalah kudapan yang terbuat dari campuran susu, bihun, dan kurma. Beberapa orang Pakistan ada pula yang menambahkan almond, pistachio, kacang mete, hingga kismis. Sajian ini biasanya akan dihidangkan sesaat setelah kembali dari shalat Id. Menjadi menu sarapan, ada pula yang menyajikannya untuk para kerabat yang berkunjung ke rumah.