Tips Jaga Relasi di Tengah Pandemi

 

Sejak 2011, tanggal 30 Juli diperingati sebagai Hari Persahabatan Sedunia. Diproklamasikan oleh Majelis Umum Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) dengan gagasan bahwa persahabatan antara masyarakat, negara, budaya dan individu dapat menginspirasi upaya perdamaian dan membangun jembatan antarkomunitas. 

 

Resolusi tersebut menekankan pada pelibatan kaum muda, sebagai pemimpin masa depan, dalam kegiatan masyarakat yang mencakup budaya yang berbeda dan mempromosikan pemahaman internasional dan menghormati keragaman.

 

Untuk menandainya, PBB mendorong pemerintah, organisasi internasional dan kelompok masyarakat sipil untuk mengadakan acara, kegiatan dan inisiatif yang berkontribusi pada upaya masyarakat internasional untuk mempromosikan dialog antarperadaban, solidaritas, saling pengertian dan rekonsiliasi.

 

Pemberlakuan PPKM Darurat level 4 juga menghalangi kita untuk berkumpul bersama teman, namun dengan kemajuan teknologi digital banyak hal yang bisa kita lakukan untuk merayakan Hari Persahabatan Sedunia tanpa harus keluar rumah tentunya.

 

Jadwalkan Hangout Virtual

Nobar virtual bisa menjadi pilihan hangout yang lebih aman. Dan kita bisa tetap seru-seruan bersama sahabat tercinta, sambil bertukar kabar.

 

Mabar Online

Pemanfaatan teknologi memungkinkan kegiatan mabar atau main bareng dengan sahabat tetap dapat dilakukan, bahkan dari rumah. Buatlah turnamen kecil berhadiah agar kegiatan mabar semakin seru.

 

Kirim Kejutan Manis

Agar persahabatan tetap langgeng dan manis, kita bisa lho mengirimkan dessert box rasa cokelat, tiramisu atau es krim buatan UMKM lokal. Selain persahabatan kian erat, kita juga bisa membantu UMKM lokal bertahan pada masa sulit ini.

 

Hadiahkan Buku

Membaca buku menjadi salah satu kegiatan yang semakin diminati selama pandemi. Buku tentang berkebun, komputer, memasak serta gaya hidup sehat merupakan beberapa jenis buku yang paling diburu masyarakat selama pandemi.

 

Tukar Kado Virtual

Kirimkan karya buatan UMKM lokal untuk menjaga relasi dengan sahabat sekaligus membantu UMKM tetap beroperasi di tengah pandemi. Berbagai pilihan produk lokal ini bisa didapatkan melalui marketplace yang memiliki seller para UMKM, seperti Tokopedia, Bukalapak, dan lain sebagainya.