Dewa Nawa Sanga: Kolaborasi Inspirasi Industri Lighting Indonesia

 

Industri pencahayaan di Indonesia mungkin tidak segemerlap industri lainnya di Tanah Air. Padahal industri yang berada dalam subsektor ekonomi kreatif di bawah arsitektur, interior, dan industri elektronik ini tidak kalah pesat perkembangannya. Kolaborasi menjadi satu hal yang penting agar mampu bertahan di era pandemi seperti saat ini, seperti yang dilakukan Dua Lighting Collective.

 

Tidak hanya di dalam negeri, kreasinya banyak menghiasi hotel-hotel ternama hingga restoran Michellin Star di luar negeri. Robby Permana Mannas selaku CEO DUA Lighting Collective berharap Pemerintah Indonesia bisa menaruh perhatian lebih pada industri kreatif pencahayaan.

 

Dewa Nawa Sanga yang terinspirasi dari lembang Kerajaan Majapahit

 

Termasuk andal di bidang decorative lighting, Dua Lighting menggandeng Rinaldy A. Yunardi, designer aksesoris yang rancangannya sudah mendunia, dan Era Soekamto designer fashion, batik dan konsultan Nusantara Wisdom. Kerja sama mereka melahirkan sebuah karya art peace lighting bertemakan “Dewa Nawa Sanga”.

 

Kreasi ini terinspirasi dari kearifan Surya Majapahit dan sempat dibawa ke panggung dunia Le Maison Objet Paris pada Oktober 2019 silam. Walaupun perkenalan karya kolaborasi ini sempat tertunda, namun tidak menyurutkan semangat untuk berkarya dan berkolaborasi yang tetap ada serta berkelanjutan.

 

“Dibutuhkan kolaborasi bersama berbagai spektrum kreatif untuk mendapatkan hasil yang berbeda-beda dan juga mendorong UKM, khususnya handicraft lokal untuk diakui kualitasnya di mata dunia,” tutur Robby Permana Mannas selaku CEO DUA Lighting Collective.

 

 

“Dewa Nawa Sanga merupakan simbol berdayanya insan Indonesia dalam berkarya. Dasar filosofi logo kerajaan Majapahit ini mempunyai arti pemimpin yang bijaksana adalah pemimpin yang selaras dengan Tuhan, antarmanusia dan senantiasa belajar dari alam semesta. Seperti surya yang selalu menerangi dunia, art piece ini dibuat untuk mengingatkan kita untuk senantiasa menjaga keseimbangan alam semesta ini, inilah sebaik-baiknya kontribusi manusia pada kehidupan,” papar Era Soekamto.

“Kami berharap kolaborasi ini mampu memberikan Big Impact sebagai bentuk kontribusi bersama untuk membangkitkan semangat dan memutar roda ekonomi dalam masa pandemi ini,” ujar Rinaldy optimis. Nur A | Dok. Dua Lighting