Perjuangan Para Kadet Pertahankan Kemerdekaan

Film Kadet 1947 “Hari Ini Atau Tidak Sama Sekali” resmi dirilis sebagai salah satu bentuk perayaan Hari Pahlawan. Diproduksi oleh Temata Studios dan Celerina Judisari production, serta didukung Legacy Pictures, film ini tidak hanya memberikan gambaran perjuangan generasi muda Tanah Air di masa itu, tapi juga menawarkan elemen persahabatan, cinta, hingga komedi. Dari sisi visual, film berdurasi 110 menit ini menyajikan gambar yang apik dan membawa penonton seolah masuk ke suasana Indonesia di tahun 1947.

 

“Dari awal kami berkomitmen mempersembahkan film bertema Indonesia buat generasi muda, makanya banyak usaha yang kami lakukan agar film ini tidak berjarak dengan mereka dan membawa value yang berbeda,” ujar Celerina Judisari selaku Produser Kadet 1947.

 

Film Kadet 1947 “Hari Ini Atau Tidak Sama Sekali” mengisahkan tentang sekelompok kadet dari sekolah penerbang Angkatan Udara di Maguwo. Mereka adalah Sigit (Bisma Karisma), Mul (Kevin Julio), Har (Omara Esteghlal), dan Adji (Marthino Lio) yang berambisi untuk ikut serta dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia dari Belanda pada tahun 1947. Momen di mana Belanda kembali menyerang dan melanggar perjanjian setelah kemerdekaan yang dimumkan oleh Indonesia.

 

Selain gambaran perjuangan melawan penjajah, proses pendewasaan karakter pun terungkap lewat cita-cita pada kadet untuk menjadi penerbang guna mempertahankan kemerdekaan. Di sini, sang sutradara Aldo Swastia dan Rahabi Mandra menyelipkan konflik personal diantara para karakter. Tak hanya memberi bayangan tentang beratnya masa perjuangan, unsur humor sederhana yang disisipkan menunjukkan sisi lain perjuangan yang lebih relevan bagi anak-anak muda.