Mengasuh Remaja Membentuk Calon Pemimpin Masa Depan

Naskah oleh: Kara Andrea Handali, M.Psi

 

Leadership atau kepemimpinan merupakan salah satu keterampilan kunci yang dibutuhkan. Dalam dunia kerja, ini termasuk 1 dari 10 keterampilan untuk mencapai kesuksesan karier, namun paling jarang dimiliki kaum muda. Mengapa bisa terjadi? Mengasah jiwa kepemimpinan membutuhkan waktu dan latihan, hal ini biasanya kurang menjadi sorotan. Lalu, apa peran orang tua dalam membentuk leadership pada remaja? Saat remaja adalah masa transisi, anak belajar bagaimana menjadi dewasa, memiliki cara pikir dan keinginan pribadi, serta mandiri dari keluarga. Berikut ini adalah perubahan penting pada waktu remaja:

Fisik dan Biologis
Perubahan fisik yang dialami sering membuat merasa kurang percaya diri. Perlu diperhatikan bagi orang tua mengingat penerimaan diri merupakan hal yang sangat penting dalam perkembangan pribadi, juga salah satu aspek utama dalam leadership.

Kognitif
Kemampuan berpikir remaja berkembang pesat dan mudah menyerap informasi baru, namun di sisi lain, kemampuan dalam mengambil keputusan dan mengontrol diri belum matang. Sehingga mereka cenderung impulsif dan melakukan hal-hal berisiko tinggi. Berkenaan dengan leadership, membiasakan remaja untuk berlatih mengambil keputusan dapat mengasah kemampuannya menjadi seorang pemimpin.

 

Untuk artikel selengkapnya dapat dibaca di majalah cetak dan digital Women’s Obsession edisi Desember 2018

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here