Kolaborasi Inisiasi Fashion Bertanggung Jawab

 

Memperingati Hari Perempuan Internasional pada 8 Maret 2022, Raffles Jakarta dan Veuve Clicquot merayakan ketangguhan perempuan ibu kota melalui kolaborasi khusus dengan JKT.Creative. Didirikan Iwet Ramadhan pada 2019, komunitas ini bertujuan memberdayakan masyarakat dengan menjembatani kesenjangan antara profesional kreatif dan penghuni rumah susun (rusun) subsidi.

 

Penyiar radio dan desainer batik ternama ini aktif bekerja sama dengan 40 perempuan dari lima rumah subsidi di Jakarta, melatih mereka menjahit dan membuat kerajinan. Sederet produk, seperti kemeja, tas, dan kerajinan tangan dijual di toko-toko terpilih dan keuntungannya dikembalikan untuk menghidupi ibu-ibu Rusun dan keluarga mereka.

 

 

Menyadari permasalahan sampah tekstil hotel yang semakin meningkat di Jakarta, JKT.Creative menawarkan solusi dengan menggandeng pelaku usaha untuk mendaur ulang tekstil mereka dan mencegah sampah tersebut sampai ke TPA. Saat ini, dari 57% sampah di Jakarta, 8,2% merupakan limbah tekstil.

 

Bersama Raffles Jakarta, JKT.Creative meluncurkan pilot project, produk fashion upcycling yang terbuat dari linen hotel. “Tujuan kami saat ini adalah untuk mengatasi masalah limbah tekstil hotel Jakarta sekaligus meningkatkan kesadaran dan apresiasi masyarakat terhadap fashion upcycling, dengan proyek kolaborasi dengan Ibu Rusun dan JKT creative.” kata Iwet.

 

 

Inisiatif ini juga menunjukkan komitmen Accor’s Planet 21 untuk memberikan pengalaman perhotelan yang positif. “Raffles Jakarta ingin melibatkan pelanggan kami dalam kolaborasi dengan JKT.Creative melalui program Sustainable Staycation ini. Kami juga ingin berinovasi dengan para mitra, dan bekerja bersama komunitas lokal,” ujar Mirah Marhaendra, Direktur Komunikasi Pemasaran Raffles Jakarta.

 

Najwa Shihab yang turut hadir dalam talkshow ‘A Bold Conversation: A Responsible Fashion Initiatives’ mengatakan, “Bias itu nyata. Banyak tuntutan terhadap perempuan, gampang dipermasalahkan, kita sering kali dinilai dari sesuatu yang ada di luar kendali kita.” Dia pun mendukung inisiatif yang digagas, karena dengan skill yang dimiliki para ibu di rusun dapat mandiri secara ekonomi.

 

 

Memiliki sejarah yang lekat dengan perjuangan perempuan, Veuve Clicquot ingin meneruskan semangat kewirausahaan Grande Dame of Champagne, agar kaum hawa makin berdaya. Lebih dari dua abad, perusahaan tetap berkomitmen untuk mendukung kepemimpinan perempuan dan perjalanan kewirausahaan melalui program Bold by Veuve Clicquot. Dimulai pada 1972, lebih dari 350 wanita di 270 negara menerima apresiasi melalui Veuve Clicquot Bold Woman Award dan platform Bold Conversations.

 

“Sebagai persembahan kepada Madame Clicquot, program ini dirancang untuk mendukung pengusaha perempuan, memberi mereka suara, dan mendorong para pemimpin perempuan masa depan untuk lebih berani dalam upaya mereka. Kami sangat senang dapat mendukung Raffles Jakarta dan karya JKT.Creative yang berdampak besar,” kata Alistair Toyne, Senior Trade Marketing Manager Moët Hennessy Indonesia.

 

 

Tersedia dalam edisi terbatas, kemeja daur ulang, bordir tangan, dan kantong kreatif akan diberikan kepada tamu yang memesan paket Sustainable Staycation. Untuk setiap masa inap di kategori Kamar Raffles, tamu akan menerima kantong kreatif, sementara tamu di kategori Suite mendapatkan kemeja.

 

“Harapannya program ini bisa berlangsung jangka panjang, menciptakan kolaborasi lain untuk membantu sesama. Agar perempuan Indonesia maju dan berdaya,” pungkas  Tommy Trisdiarto, Director of Sales and Marketing at Raffles Jakarta.