Menebar Kasih Terhadap Sesama

Heni Tania, Sociopreneur

Menjalani beragam kegiatan sosial bagi sociopreneur bukanlah suatu hal yang baru dan merupakan aktivitas yang menyenangkan, sekaligus memberikan kebahagiaan tersendiri untuk dirinya. Istri dari Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Slamet Riyadi ini memang aktif dalam berbagai kegiatan sosial yang berhubungan dengan membantu masyarakat kecil lewat aksinya menolong terhadap sesama.

 

Dia sering berbagi baik secara pribadi maupun melalui beragam organisasi sosial, seperti Diva Baksos yang dibentuknya -- bertanggung jawab sebagai ketua umum. “Sejak dulu masih sekolah, saya sudah sering keliling naik motor berbagi rezeki untuk para pedagang keliling atau pemulung, terutama mereka yang sudah sepuh. Saya orangnya memang suka tidak tega dan mudah sedih saat melihat ada yang berjualan di jalan tapi belum juga laku. Rasanya bahagia sekali mereka akhirnya bisa tersenyum sumringah, ketika dagangannya bisa habis terjual,” ungkapnya dengan nada terharu.

 

 

 

PEDULI MASYARAKAT KECIL

 

Perempuan kelahiran 30 Mei 1990 ini sempat menjadi perhatian banyak orang, karena memborong makanan kesukaannya cilok pinggir jalan dan membagikannya kepada anak-anak kecil maupun masyarakat sekitar. Tak hanya pedagang cilok, dia juga rajin memborong jualan pedagang es krim, pisang keliling, kerupuk, kue semprong, peyek, dan lainnya. Agar cepat laku dan membayar lebih untuk meringankan beban serta menyemangati mereka dalam mencari nafkah. Tak lupa dia juga mendoakan, agar mereka selalu diberi kesehatan dan dibukakan pintu rezekinya dalam berusaha.

 

Selama pandemi hingga sekarang Heni rajin menyiapkan paket bahan pokok sederhana (sembako) di bagasi mobil. Sehingga setiap saat bisa dibagikan kepada siapa saja yang ditemuinya ketika berpergian dan membantu para pencari nafkah di jalanan yang merupakan pejuang keluarga.

 

Bersama Diva Baksos dan sahabat tercinta, dia telah melaksanakan berbagai kegiatan di antaranya bakti sosial pemberian APD ke beberapa rumah sakit di Jakarta. Pembagian alat semprot disinfektan, masker, dan handsanitizer di  kawasan padat penduduk maupun Gerakan Amal Ramadhan Paket Nasi Bersubsidi 1500 kotak yang dilaksanakan di tujuh titik daerah pinggiran Jakarta. Lalu, pembagian 300 Paket Sembako Ramadhan bagi masyarakat yang kurang mampu. Melaksanakan Program 1000 HP untuk anak bangsa sebagai bentuk kepedulian atas diberlakukan sistem pembelajaran daring, akibat pandemi Covid-19 yang menghambat kegiatan belajar peserta didik dari keluarga kurang mampu. Kemudian, ada juga Kegiatan Jumat Berkah membagikan 200 box nasi kotak dan baksos bersama para Veteran RI dalam rangka memperingati Hari Pahlawan bekerjasama dengan Kodim Jakarta Timur.

 

“Diva Baksos sendiri dalam menggalang dana hanya melalui grup WhatsApp. Alhamdulillah anggota kami sudah mencapai sekitar 200 orang dan sampai sekarang masih bertahan. Di sini tidak ada kegiatan arisan maupun hal yang berbau politik. Semuanya bekerja sukarela tanpa paksaan dan tidak ada iuran bulanan. Anggota Diva Baksos adalah orang-orang yang memang sudah saya kenal cukup baik, jadi tidak sembarang orang bisa masuk ke grup ini untuk  menghindari hal-hal yang tidak diinginkan,” papar Heni berterus terang. Hingga sekarang berbagai kegiatan sosial dan charity masih terus berlangsung setiap bulan dengan program-program sesuai dengan kebutuhan mendesak yang diperlukan masyarakat.

 

 

 

BERAGAM ORGANISASI SOSIAL

 

Tak hanya Diva Baksos, Heni juga aktif menjadi Ketua Komisi Sosial DPP PPLIPI-Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (PPLIPI). Salah satu program andalannya adalah Program Warcil—kini sudah ada 10–yang dilaksanakan setiap hari Jumat pagi. Misinya adalah untuk memberikan bantuan permodalan kepada warung-warung kecil dan menolong masyarakat sekitarnya di masa pandemi Covid-19.

 

Agar masyarakat tetap mendapatkan asupan makanan yang bergizi, sehat, dan enak dengan harga terjangkau, Warung Cilik PPLIPI masih terus berjalan hingga sekarang. Sumber modalnya berasal dari infaq para anggota yang diperuntukkan khusus untuk gerakan Jumat Berkah. Wujud nyata visi misi PPLIPI adalah pemberdayaan perempuan yang direalisasikan dengan memberikan bantuan permodalan secara rutin setiap tahun. Bahkan, organisasi sosial ini telah memecahkan Rekor Muri dengan memberikan bantuan permodalan kepada sekitar 5600 pelaku UMKM Perempuan di seluruh Indonesia.

 

Baca selengkapnya di e-magz Edisi Januari 2022