Gontran Cherrier, Tak Sekadar Toko Roti

Rindu ingin menikmati croissant Gontran Cherrier sambil menyesap cappuccino dengan suasana khas Prancis, kini kita tak perlu pergi jauh karena outlet-nya sudah hadir di Jl. Ciranjang No.6 Senopati, Jakarta.

 

Saat memasuki toko roti berkonsep cafe dengan desain interior dan eksterior klasik modern ala Paris ini wangi pastry pun langsung menggoda dan tak sabar ingin segera mencicipinya.

 

 

Sambil berbincang-bincang dengan Executive Bakery Chef Gontran Cherrier Michaël Blin, Women’s Obsession mencoba Butter Croissant, Almond Croissant, Apple Pie, Sesame Honey Croissant, dan Lingot Chocholate. Ternyata, rasa khas croissant Prancis begitu melekat setelah dicicipi satu persatu, luarnya terasa renyah dan empuk di bagian dalam, lalu berpadu kehangatan cappuccino terasa pas di lidah.

 

Ketika mencoba Apple Pie rasa manisnya pas dengan sentuhan sedikit asam buah apel nan segar dan saat Almond Croissant digigit memberikan sensasi renyah manis. Lalu, kue Lingot Chocholate untuk dessert pun tidak terlalu manis dan cokelatnya yang benar-benar terasa. Dimakan bersama minuman sehat Gontran Herbs, Mint Mojito atau Pandan Latte bisa menjadi pilihan yang menarik.

 

Berkonsep artisan bakery, semua roti, puff pastry, dan cakes, dibuat langsung di sini dengan cara tradisional menggunakan bahan-bahan alami dan sederhana. “Konsep kami adalah menawarkan cita rasa yang otentik, karena semua proses pembuatan dilakukan dengan tangan profesional dan fresh from the oven. Salah satu hal penting dalam pembuatan croissant dan roti-roti kami adalah menggunakan French butter yang high quality, sehingga terasa berbeda dengan kelezatan khas Prancis.

 

Untuk membuat croissant diperlukan tepung, telur, gula, dan 30% dari seluruh komponen bahan-bahannya adalah French butter dan ini menjadi yang paling penting dibandingkan bahan lainnya,” ujar Michaël.

 

 

Setiap toko roti tentunya memiliki gaya masing-masing dalam membuat croissant dan proses pembuatan dari layering dan folding menjadi sangat penting.

 

Dia menambahkan, “Step-by-step harus diikuti dengan benar dan konsisten sehingga rasa tetap terjaga, apalagi harus dibuat untuk jumlah tidak sedikit. Saya melatih dan mentransfer ilmu dengan tim di sini dan karena setiap hari dibuat mereka pun terbiasa dan dapat mengikutinya dengan baik.”

 

Gontran Cherrier Senopati juga memiliki menu dengan beragam makanan bernuansa cita rasa khas Perancis. Menu unggulannya antara lain French Onion, Chicken Caesar Salad, Salmon Glazed with Ratatouille & Zucchini Puree, Beef Bourguignon, Bouchée la Reine, Linguini Pasta with Parmesan & Cream Cheese, dan lainnya.

 

 

Saat mencobanya keseluruhan menu-menu tersebut terasa lezat di lidah dan bisa menjadi rekomendasi untuk para tamu. Apalagi dinikmati dalam suasana ruangan yang homey, namun tetap modern khas Prancis. Untuk urusan varian menu sendiri kini telah diperluas dengan hidangan baru menawarkan cita rasa otentik nusantara yang dipadukan dengan makanan Prancis.

 

“Mulai bulan September setiap hari ada empat menu nusantara dari daerah yang berbeda-beda dan hingga sekarang ini masih berlanjut promo discount 10% for all items sampai acara grand opening nanti. Lalu, pada saat Happy Hour dari jam tiga sampai jam lima sore setiap pembelian minuman satu coctail mendapat free satu croissant sepanjang bulan September.

 

Rencananya, kami juga akan mengadakan promo Pasar Malam, kebetulan suasana malam di sini tampak indah dan nyaman untuk makan malam. Mengingat kelebihan tempat ini bukan hanya untuk sekadar toko roti, tapi juga tersedia menu dine-in atau cafe,” ujar Operational Director Gontrand Cherrier Indonesia Ferry Hongkiriwang.

 

Gontran Cherrier Senopati menawarkan menu bervariasi mulai dari menu sarapan, makan siang hingga makan malam. Selain di Senopati, Gontran Cherrier direncanakan juga akan segera hadir di area lainnya seperti Cipete, Pantai Indah Kapuk, Sarinah Thamrin, dan Bali.

 

(Elly Simanjuntak | Foto: Fikar Azmy)