Sederet Pesona Bangunan Bergaya Gotik

 

Dari sekian banyak gaya arsitektur sebuah bangunan, salah satu yang paling menarik adalah gaya gotik. Aliran arsitektur yang banyak dijumpai di benua Eropa ini sudah dikenal sejak abad ke-12 hingga abad ke-16.

 

Menampilkan detail bangunan yang luar biasa, bangunan bergaya gotik umumnya memiliki jendela berukuran besar, penopang terbang, vault (atap berbentuk melengkung) hingga patung-patung dan dekorasi yang penuh ornamen. Diaplikasikan pada bangunan-bangunan berukuran besar, berikut beberapa bangunan bergaya gotik termegah di dunia.

 

 

Katedral Cologne, Jerman

 

Selain menjadi yang termegah di dunia, Katedral Cologne juga menjadi gereja gotik terbesar di Eropa Utara. Tidak tanggung-tanggung, proses pembangunan gereja yang dirancang oleh arsitek Jerman, Friedrich Schmidt, memakan waktu selama 600 tahun. Dibangun sejak tahun 1248 dan baru rampung pada tahun 1880.

 

Panjangnya sejarah gereja yang dikenal juga dengan High Cathedral of Saints Peter and Mary ini membuatnya masuk dalam catatan Situs Warisan Dunia UNESCO. Keindahan dari arsitektur bangunan ini membuat masyarakat dunia terpukau, hingga dikunjungi oleh rata-rata enam juta orang pengunjung per tahun.

 

Istana Westminster, Inggris

 

Menjadi ikon kota London, bangunan yang dikenal pula dengan sebutan Big Ben ini berfungsi sebagai gedung pemerintahan Inggris. Pertama kali didirikan pada abad ke-11, istana ini dibangun kembali setelah mengalami kebakaran pada 22 Oktober 1834 silam.

 

Setelah kejadian tersebut, Istana Westminster kemudian dirancang ulang dengan arsitektur bergaya gotik. Big Ben didesain oleh Edmund Beckett Denison dan George Airy.

 

Balai Kota Wina, Austria

 

Memiliki lima menara, salah satu menara utamanya berada di tengah dengan ketinggian yang mencapai 98 meter. Balai kota yang dibangun pada tahun 1872 sampai 1883 ini dirancang pula Friedrich Schmidt yang sukses memenangkan kompetisi untuk membangun balai kota yang baru pada tahun 1860-an.

 

Pada tanggal 21 Oktober 1882, patung Rathausmann ditempatkan di puncak bangunan. Berada di depan Taman Rathauspark, nuansa gotik yang begitu kental dari bangunan ini membuatnya banyak dikunjungi wisatawan, baik lokal maupun mancanegara.

 

 

Baca Juga:

Ajang Teknologi Terbaru CES 2023 Digelar di Las Vegas

Televisual Travel: Tren Perjalanan dari Serial Layanan Streaming

 

 

 

Katedral Notre-Dame de Reims, Prancis

 

Katedral Notre-Dame de Reims merupakan bangunan bersejarah yang masuk dalam Situs Warisan Dunia UNESCO. Keindahannya mengundang lebih dari 13 juta pengunjung setiap tahunnya. Setiap inci dari bangunan ini begitu kental sengan gaya gotik.

 

Selain ornamen-ornamen, Gargoyle 'Stryge' juga dapat ditemukan di bagian atas katedral. Katedral berusia lebih dari 850 tahun ini merupakan salah satu bangunan yang paling banyak mengaplikasikan jendela mawar.

 

Sayangnya, pada April 2019 lalu, gereja ini mengalami kebakaran hebat yang menghanguskan hampir seluruh bagian gedung.

 

Gedung Parlemen Hungaria, Hungaria

 

Dirancang oleh Imre Steindl, gedung ini mulai dibangun pada tahun 1885-1904. Selain ujung-ujung yang meruncing, bangunan ini juga memiliki sebuah kubah besar di bangunan bagian tengah.

 

Gedung yang masuk jajaran bangunan termegah di dunia ini juga merupakan gedung tertinggi dan terbesar di Hungaria. Berlokasi di sisi timur Sungai Danube di Pest, gedung ini menjadi landmark paling terkenal di Hungaria.