Neuralink Dapat Restu FDA untuk Uji Coba Pasang Chip ke Otak Manusia

Neuralink, perusahaan milik Elon Musk, dikabarkan akan melakukan uji coba untuk menamankan implan ­chip ke otak manusia. Perusahaan mengklaim telah mendapatkan izin dari Food and Drugs Administration (FDA) untuk melakukan studi pengembangan teknologi tersebut.

 

Dengan menanamkan chip di otak manusia, Neuralink mengklaim bahwa teknologi tersebut dapat membantu pekerjaan manusia menjadi jauh lebih mudah. Tidak hanya itu, teknologi ini juga diharapkan dapat membantu para penyandang disabilitas untuk menggunakan komputer atau perangkat teknologi lain. Selain itu, chip yang kini dikembangkan juga diklaim dapat membantu proses perbaikan fungsi motorik penyandang disabilitas.

 

 

Baca Juga:

Representasikan Setiap Momen Penting Kehidupan

Rayakan Hari Jadi dengan Instalasi Seni Digital Mewah

 

Saat ini, Neuralink tengah mengembangkan chip yang mampu memproses dan mentransmisikan sinyal neuron. Sinyal tersebut nantinya ditransmisikan ke perangkat elektronik yang digunakan, seperti ponsel. Dengan adanya chip, seseorang dapat mengontrol mouse, keyboard, atau pesan teks hanya dengan pikiran.

 

Di tengah proses penelitian dan dukungan dari banyak pihak, tidak sedikit pula pihak yang merasa bahwa gagasan mengenai teknologi tersebut terlalu berbahaya. Terlebih ketika pihak Neuralink melakukan uji coba teknologi chip ke hewan, karena dianggap akan mengancam keselamatannya hewan-hewan tersebut.

 

Setelah beberapa kali melakukan uji coba ke hewan, yakni monyet, Neuralink kini bersiap untuk segera melanjutkan uji coba teknologi itu ke manusia. Apalagi setelah FDA mengeluarkan mendapatkan izin untuk melakukan studi klinis.