Tingkatkan Kualitas Hidup Lansia di Hari Lanjut Usia Nasional

 

Pada 2022, WHO mencetuskan konsep active ageing, yaitu proses penuaan yang tetap sehat dan optimal secara fisik, sosial, dan mental. Tujuannya agar para lansia tetap sejahtera sepanjang hidup dan berpartisipasi aktif dalam rangka meningkatkan kualitas hidup sebagai anggota masyarakat. Pemerintah juga telah menetapkan program kesehatan lansia ke dalam salah satu indikator Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional tahun 2020-2024.

 

Sebagai bentuk kepedulian terhadap kualitas hidup lansia, PT Kalbe Farma Tbk (Kalbe) menggelar aktivitas khusus untuk orang lanjut usia (lansia). Bertemakan Healthy Geriatric, Good Quality of Life, acara ini diadakan dalam rangka Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) yang diperingati setiap 29 Mei. Acara rutin tahunan yang diselenggarakan di Galea Ethimo, Rumah Perubahan (28/05/2023) dihadiri sekitar 300 lansia dari berbagai komunitas di Jabodetabek (Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi).

 

BACA JUGA:

Mengatasi Nyeri Lutut Tanpa Operasi

Manfaat Memilih Probiotik yang Tepat untuk Kesehatan Pencernaan

 

“Perayaan ini merupakan bentuk kepedulian Kalbe terhadap kaum lanjut usia (lansia), agar tetap menjaga kualitas hidup. Lansia sendiri merupakan kelompok usia yang perlu perhatian khusus, apalagi lansia sering kali mengalami penurunan fungsi tubuh. Penurunan kondisi fisik berpengaruh terhadap produktivitas lansia, sehingga keseimbangan nutrisi perlu dijaga melalui asupan bergizi setiap harinya,” ujar Presiden Direktur PT Finusolprima Farma Internasional, a Kalbe Company, dr. Selvinna, M.Biomed.

 

“Kalbe berkontribusi dalam meningkatkan kualitas hidup para lansia melalui rangkaian acara HLUN, berupa edukasi kesehatan dalam seminar atau talkshow dan pemeriksaan kesehatan. Juga dilakukan pengembangan komunitas lansia yang kreatif dan berkesinambungan seperti pertemuan rutin hingga gathering. Perayaan HLUN juga akan berlangsung pada 11 Juni 2023 di Yogyakarta, Old Shanghai Sedayu City, dan Pantjoran PIK,” tambahnya.

 

 

Dokter Spesialis Penyakit Dalam Konsultan Geriatri, dr. Ika Fitriana, Sp.PD-K.Ger., mengatakan agar kelak tetap menjadi lansia sehat, kita membutuhkan tubuh yang mampu menopang aktivitas sehari-hari, sehingga tetap mandiri dan produktif selama mungkin.

 

Ika juga memaparkan, otot memiliki peran penting bagi tubuh untuk menopang aktivitas sehari-hari. Salah satu kelainan pada otot yang berhubungan dengan proses penuaan adalah sarkopenia. Yaitu kehilangan massa dan/atau kekuatan otot yang dapat disertai dengan penurunan performa fisik.

 

 

Lansia yang menurun performa fisiknya sudah pasti akan terganggu aktivitasnya, mengalami gangguan kesehatan, seperti cepat lelah dan renta hingga membutuhkan alat bantu untuk beraktivitas, dan mudah sakit. Jika sudah sakit sulit untuk kembali aktif, mudah jatuh yang pada akhirnya meningkatkan risiko patah tulang, serta mudah mengalami gangguan depresi. Tokoh geriatrik sekaligus founder Rumah Perubahan, Prof. Rhenald Kasali, Ph.D., turut menceritakan kebiasaan hidup sehatnya, agar tetap produktif di hari tua.

 

Agar kualitas hidup lansia makin meningkat, diperlukan pula asupan bernutrisi. “Entramix dan Entrasoy merupakan pilihan makanan cair, karena keduanya memiliki CAKEP (Calsium, Karbohidrat, Energi, dan Protein) yang berguna untuk memenuhi kebutuhan nutrisi lansia, agar tetap hidup sehat, kuat, dan produktif,” tutup Airin Levina selaku Brand Owner Entramix & Entrasoy.