Pindah ke JIExpo, Art Jakarta 2023 Hadirkan Lebih Banyak Karya Seni & Ekshibitor

 

Meneruskan kesuksesan tahun lalu, kehadiran Art Jakarta 2023 menandakan menguatnya kembali geliat seni rupa Asia Tenggara. Pekan seni internasional ini menjadi event yang dinantikan para para kolektor, galeri, patron, seniman, dan pencinta seni rupa.

 

Tahun ini, Art Jakarta akan berlangsung selama tiga hari pada 17–19 November 2023 di venue baru, JIExpo Kemayoran, Jakarta. Dengan perubahan tempat yang lebih luas, acara tahunan yang diselenggarakan pertama kali pada 2009 ini diikuti oleh 70 galeri nasional maupun internasional, termasuk 14 partisipan yang baru pertama kali bergabung.

 

BACA JUGA:

Dukung Kemajuan Seni Tanah Air Hingga Sumbangkan Dana Untuk Pendidikan Seni di Indonesia

ArtMoments Jakarta Bawakan 30 Galeri Ke Ibu Kota

 

Art Jakarta 2023 akan menyambut kedatangan galeri-galeri dari Indonesia dan negeri-negeri jiran Asia Tenggara, seperti Malaysia, Singapura, Thailand, Filipina, dan Vietnam. Beberapa ekshibitor dari Cina, Korea Selatan, Jepang, Taiwan, Russia, dan Australia juga akan turut bergabung memamerkan karya-karya baru seniman mereka.

 

“Indonesia saat ini mempunyai pasar seni rupa yang kuat dan terus berkembang, dan Art Jakarta sendiri adalah salah satu pekan seni paling besar di Asia Tenggara serta merupakan platform yang baik untuk menampilkan seniman-seniman yang diwakili oleh Mizuma Gallery,” tutur Fredy Chandra dari Mizuma Gallery.

 

 

Sementara Benedicto Audi selaku Direktur Srisasanti Gallery yang telah mengikuti ajang ini sejak pertama kali diadakan mengungkapkan bahwa menghadiri Art Jakarta adalah pengalaman yang sangat menyenangkan setiap tahunnya. “Art Jakarta adalah arena yang dinamis tempat kami bertemu dengan kolektor dan penikmat seni rupa baru, juga ajang berkumpul yang menyegarkan bagi komunitas seni rupa sekaligus pekan seni terbaik di Indonesia sejauh ini,” tambahnya.

 

Para kolektor, penikmat, dan pencinta seni rupa dapat menjelajahi dan mengapresiasi karya-karya kontemporer dari seluruh kisaran medium, yang akan tercakup dalam program khas Art Jakarta. Program ini, antara lain terdiri atas Art Jakarta Spot dan Art Jakarta Scene.

 

 

Art Jakarta Spot adalah platform untuk presentasi istimewa berupa karya instalasi yang telah disesuaikan khusus untuk Art Jakarta. Sedangkan Art Jakarta Scene merupakan segmen untuk kolektif seniman dan nirlaba yang hendak menggalang dana demi aspirasi masing-masing.

 

Selain menyajikan pameran karya, Art Jakarta meneruskan komitmennya untuk memantik wacana dan inspirasi melalui bincang-bincang, lokakarya, serta diskusi panel yang menarik selama berlangsungnya acara.