Ceriakan Rumah dengan Dopamine Color

 

 

Tren dekorasi terkini yang dikenal sebagai ‘Dopamine Décor’, bukan sekadar pencipta ruang, melainkan juga cerminan hidup penuh kebahagiaan. Konsep ini memberikan ruang untuk membebaskan diri dari aturan dan mengeksplorasi kreativitas. Itulah sebabnya banyak yang meyakini ini cocok diterapkan untuk menyambut tahun baru di rumah. 

 

Dalam tren yang populer di Pinterest dan TikTok ini, warna-warna dan pola mencolok menjadi elemen kunci untuk menciptakan atmosfer yang memancing kegembiraan. Hal yang menjadi sorotan biasanya adalah warna-warna berani, seperti merah, kuning, dan biru untuk menghasilkan palet energi positif yang menular. Pola whimsical, polkadot, atau garis-garis melengkung dapat memberikan sentuhan menyenangkan yang menghidupkan ruang.

 

BACA JUGA:

Buka Showroom Baru di IDD PIK2, Modulo Living & IKONS Wadahi Kebutuhan Customization Berkonsep One-Stop-Solution

Vinoti Living dan Joe Human Rilis Koleksi Kolaborasi Bergaya New York

 

Namun, tren ini bukan hanya soal menciptakan ruang visual. “Playground” menjadi fokus utama dalam Dopamine Decor. Pilihlah benda-benda yang mengundang senyum dan kenangan bahagia untuk menambah semarak pada ruangan. Contohnya aksesori atau dekorasi yang lucu, tetapi tidak mengganggu, seperti figurin, karya seni, atau mainan kecil yang bisa menjadi poin fokus ketika dilihat.

 

Dopamine Decor tidak hanya tentang menciptakan visual yang menawan, tetapi juga memunculkan suasana festival setiap hari dan lingkungan yang memicu perasaan bahagia setiap saat, tanpa mempedulikan apa yang ‘diharuskan’ dalam desain rumah. Style ini mengajak kita untuk menciptakan ruang yang tak hanya indah secara visual tapi juga memancarkan energi positif.

 

 

Menerapkan konsep Dopamine Decor dalam hunian yang sibuk di perkotaan bisa menjadi tantangan, tapi ada beberapa cara untuk menyelipkannya ke dalam rutinitas yang padat. Pertama, menambahkan sentuhan warna pada furnitur atau aksesori kecil dapat membawa perubahan besar.

 

Pilihlah warna-warna cerah yang dapat meningkatkan suasana hati, misalnya, dengan mengganti bantal sofa atau tirai dengan warna yang lebih mencolok dan kontras. Pemilik dapat menciptakan kombinasi gradien unik atau bahkan membuat kesan sentuhan personal pada ruangan.

 

BACA JUGA:

Steelcase Karman Kursi Kerja Ergonomis Pertama Bersertifikasi CarbonNeutral® 

Desain-desain Terbaik Untuk Kenyamanan Rumah Tinggal

 

Manfaatkan setiap sudut ruangan dengan penataan efisien. Gunakan rak dinding untuk mengekspos item dekoratif atau koleksi. Sesuaikan dengan mobilitas, misalnya, agar mudah dipindahkan atau diubah-ubah. Tampilan untuk tiap rumah pasti akan berbeda, semua kembali pada selera pribadi untuk mengkreasikan ruangan yang mencerminkan semangat baru untuk memasuki tahun baru.

 

Selain estetika, keberlanjutan juga menjadi sorotan utama dalam menerapkan konsep ini. Pilihlah dekorasi yang tidak hanya indah, tapi juga mendukung gaya hidup berkelanjutan. Salah satu caranya ialah mendaur ulang barang-barang lama atau mencari benda-benda retro untuk memberikan sentuhan unik dan ramah lingkungan pada hunian.