Rayakan Hari Jadi ke-47 Tahun, Yayasan Kanker Indonesia Luncurkan Kampiun & YKI TV serta Drama Musikal

 

Mengangkat tema ‘Bersama Menutup Kesenjangan dalam Melawan Kanker’, Yayasan Kanker Indonesia (YKI) merayakan HUT ke-47 pada Selasa (23/4/2024). Menjelang setengah abad, YKI terus menjalankan visinya sebagai organisasi nirlaba yang mendorong masyarakat peduli kanker.

 

Menurut data GLOBOCAN 2020, di Indonesia terdapat 396.914 kasus kanker dengan jumlah kematian sebanyak 234.511 kasus dan prevalensi per 5 tahun sebanyak 949.088 kasus. Tak kenal lelah, YKI selalu berupaya menyediakan layanan promotif, preventif, supportif, serta paliatif melalui 135 cabang di seluruh Tanah Air.

 

Prof. DR. dr. Aru Wisaksono Sudoyo, selaku Ketua Umum YKI, mengatakan, “Yayasan Kanker Indonesia sangat bersyukur dapat terus berkiprah hingga usianya yang ke-47 tahun dan akan terus meningkatkan kepedulian masyarakat terhadap kanker. Hal ini hanya dapat dilakukan bersama-sama segenap stakeholders untuk menutup kesenjangan dalam melawan kanker, mengingat jumlah kejadian kanker di Indonesia yang tinggi.”

 

BACA JUGA:

Terapkan Bisnis Berkelanjutan, ERHA Group Luncurkan Cosmetic Reverse Vending Machine Pertama di Indonesia

APINDO Jalin Kerja Sama dengan Perusahaan di Hong Kong dan Shenzhen

 

Lebih lanjut Prof. Aru mengungkapkan YKI terus beradaptasi sebagai organisasi yang dinamis. Melakukan digitalisasi data dan informasi, memajukan pelayanan penunjang termasuk klinik deteksi dini, paliatif, rumah singgah, apotek, dan lain-lain yang akan menjaga kesinambungan organisasi YKI.

 

Sejalan dengan hal tersebut, pada HUT ke-47, YKI meluncurkan dua lini strategis, yaitu KAMPIUN dan YKI TV. Menjadi wadah bagi penyintas kanker, KAMPIUN yang merupakan akronim dari KAMi PenyIntas UNggul Yayasan Kanker Indonesia adalah bentuk dukungan bagi para pejuang kanker.

 

 

“KAMPIUN akan menjadi lini penting YKI dengan visi untuk menciptakan dan mempertahankan penyintas kanker yang bermanfaat dan bermartabat,” ujar Prof. Aru.

 

Sementara, YKI TV merupakan sarana informasi dan edukasi seputar kanker yang dikemas secara menarik melalui wawancara, podcast, testimoni, tips, pemberitaan, dan lain-lain. Fasilitas ini akan segera diluncurkan pada 2024.

 

 

Masih dalam momen perayaan ulang tahunnya, YKI juga mempersembahkan sebuah pertunjukan teater musikal dengan judul “MASIH ADA”. Pertunjukan ini diangkat dari kisah nyata seorang atlet nasional muda yang semasa hidupnya berjuang melawan kanker. Pergelaran ini disutradarai oleh Pasha Prakasa, menampilkan pemain-pemain musikal ternama, seperti Gerardo Tanor, Andrea Miranda, Gallaby, Louise Monique, Beyon Destiano, Ayu Gurnitha, Dante Kidd, dan masih banyak lagi.

 

“Kami sangat senang dapat menggandeng generasi muda dalam perayaan HUT ke-47 YKI melalui pertunjukan teater musikal, agar lebih banyak generasi muda yang peduli terhadap kanker, dan meningkatkan pemahaman bahwa kanker itu nyata, dapat terjadi pada siapapun, namun dapat disembuhkan jika dideteksi pada stadium awal,” tutup Prof. Aru.