Ricka Kartika Barus: Bangun Core Value dalam Layanan Hukum

Ricka Kartika Barus | Founding Partner - Kartika & Rouly Law Firm

 

Dengan aspirasinya membawa lawfirm-nya menjadi salah satu dari Top 50 Law Firm di Asia Tenggara, sekaligus menggagas inisiatif pendidikan soft skill bagi advokat Indonesia, dia menekankan core value dalam setiap langkahnya.

 

Sebagai seorang profesional hukum berpengalaman, Ricka Kartika Barus S.H., M.H., LL.M., menapaki kariernya dengan penuh dedikasi. Bermula sebagai Associates di Purbadi Law Firm sejak magang, Ricka bergabung dengan firma hukum besar di Jakarta, menangani beragam kasus hukum dari yang sederhana hingga yang rumit. Kompleksitas waktu kerja dan penanganan klien yang beragam menjadi salah satu tantangan utama dalam perjalanannya.

 

“Tantangan lainnya adalah mencapai milestones dalam penanganan kasus, karena kebutuhan klien sangat bervariasi dan praktik di lapangan bisa berbeda dengan teori,” ungkap lulusan Lulusan Magister Hukum Internasional Bisnis di University of Cumbria United Kingdom ini.

 

Selama lebih dari 15 tahun berkarier, Ricka fokus pada proses investasi, pembentukan perusahaan, dan perkembangan investasi di Indonesia. Salah satu pencapaian pentingnya adalah  dia ditunjuk sebagai ketua tim tenaga ahli untuk proyek eksekusi realisasi investasi di wilayah Indonesia bagian Barat. Dengan target hampir Rp1.200 triliun yang diberikan pemerintah, dia berhasil mendampingi investor asing memastikan agar proyek tidak terhambat.

 

Keahliannya tidak terbatas pada investasi dan bisnis korporat. Dia juga menangani hukum ketenagakerjaan, sengketa, dan litigasi komersial. Pengalamannya yang luas dan kemampuan memahami kebutuhan klien membuatnya dapat memberikan solusi hukum yang efektif.

 

 

Pada tahun 2015, Ricka mendirikan Kartika & Associates. Kemudian 7 tahun setelahnya bersama dengan partner, yakni Bunga Meisya Rouly Siagan, dia mendirikan Kartika & Rouly Law Firm tepat pada Hari Kartini. Mereka memegang core value: Integrity, Respect, dan Trustworthy (IRT), serta fokus mempertahankan nilai-nilai tersebut.

 

“Kami tidak aktif mencari klien, tetapi justru mendapatkan kepercayaan karena memegang nilai-nilai inti tersebut dan diakui dengan berbagai penghargaan. Kami percaya dengan menjunjung tinggi integritas dan nilai-nilai yang benar, kami akan selalu menarik klien yang memiliki nilai yang sama, sehingga tidak perlu khawatir tentang klien,” tegasnya yakin.

 

Selain menangani kasus-kasus hukum, Ricka juga menggagas CLAS Academy (Coaching Clinic for Law Academy Students), bekerja sama dengan Insight Discovery dari USA untuk pelatihan training soft skill, seperti excellent service dan leadership kepada calon advokat. Program ini akan diluncurkan tahun depan dan diharapkan dapat melengkapi sistem pendidikan advokat saat ini di Indonesia, untuk mencetak advokat berkualitas dan kompetitif.

 

Baca selengkapnya di e-magazine Women's Obsession Edisi 114 di tautan berikut ini.