Sri Rahayu: Menjunjung Nilai Kejujuran dan Kepercayaan

Rahayu & Partners Law Offices

Berbekal pengalaman dan reputasinya sebagai lawyer di bidang hukum perbankan dan keuangan, merger dan akuisisi, serta aliansi strategis, Sri Rahayu memutuskan membidani lahirnya Rahayu & Partners Law Offices pada tahun 2005.

 

Hampir memasuki dua dekade, Rahayu & Partners Law Offices, besutan Sri Rahayu, tiada henti memberikan jasa pelayanan hukum yang berkualitas dan the best services, demi menjaga kepercayaan yang sudah diberikan klien. 

 

Bahkan, pada 2017 hingga 2020 firma ini bekerja sama dengan HFW, sebuah firma hukum internasional yang berbasis di London, Inggris. Selama kurun waktu tersebut, firma ini telah menangani beberapa kasus serta transaksi terbesar dan paling terkenal untuk bisnis Indonesia yang beroperasi di berbagai industri, termasuk energi, pertambangan, komoditas, penerbangan, pelayaran dan maritim, serta infrastruktur.

 

Saat bekerja sama dengan lawyers dan tim ahli dari beberapa negara tersebut, Ayu mengaku menghadapi sejumlah tantangan, salah satunya dalam memberikan pemahaman terkait sistem hukum di Indonesia. “Kepercayaan dari para profesional dari luar terhadap sistem hukum belum sesuai dengan harapan kami,” ungkap perempuan yang masuk dalam daftar Indonesia’s Top 100 Lawyers 2018, 2019 and 2020 oleh Asia Business Journal tersebut.

 

Oleh karena itu, Ayu yang memiliki minat di bidang Banking/Finance serta industri komunikasi dan kreatif ini mengatakan, mengandalkan pendekatan dari aspek hukum saja tidak cukup, terlebih dalam menyelesaikan kasus-kasus kompleks. “Kita harus menggabungkannya dengan pendekatan komunikasi, seperti menjalin relasi baik dengan regulator maupun stakeholders. Tak hanya itu, apabila menangani kasus besar, kami melibatkan publik untuk turut mengawasi kasus yang bergulir, menggunakan media komunikasi seperti televisi atau surat kabar,” terang dia.

 

Dalam industri hukum, persaingan dan ekspektasi klien meningkat. Faktanya tidak semua firma hukum mampu berkembang, atau bahkan bertahan. Untuk menjadi yang teratas,  Ayu memastikan agar Rahayu & Partners Law Offices tetap relevan dan kompetitif di tengah perbatasan regulasi dan dinamika yang ada.

 

Melek terhadap teknologi dan inovasi adalah keharusan. Salah satunya penggunaan AI,  me-review ribuan dokumen untuk mengindentifikasi dan mengkategorisasikan dokumen terkait. “Penggunaan AI sangat menunjang pekerjaan lawyer,” tambah dia.

 

Tak kalah penting agar terus update dengan perkembangan terkini, Ayu pun mengikutsertakan sumber daya manusia di firma hukumnya ke berbagai seminar atau forum, baik di dalam maupun luar negeri. “Selain itu, mendorong mereka untuk membina hubungan baik dengan para klien, stakeholder, regulator, sesama firma hukum, serta kolega,” imbuhnya.

 

Baca selengkapnya di e-magazine Women's Obsession Edisi 114 di tautan berikut ini.