Puteri Indonesia Harashta Zahra Menangkan Miss Supranational 2024

Torehkan Sejarah Juarai Ajang Internasional

 

Kabar bahagia nan membanggakan bagi Indonesia hadir dari sosok Harashta Haifa Zahra, gadis Sunda yang dinobatkan sebagai Miss Supranational 2024 pada akhir pekan lalu. Prestasi perempuan yang akrab disapa Tata ini tak hanya menjadi prestasi pribadi, namun turut menjadi sejarah sebagai kontestan Indonesia pertama yang menjuarai kontes kecantikan tingkat dunia tersebut.

 

Dalam gelaran acara yang diselenggarakan di Polandia tersebut, diketahui Harastha bersaing dengan 67 finalis yang berasal dari berbagai negara. Sejumlah negara yang bersaing hingga babak lima besar, di antaranya Amerika Serikat, Republik Ceko, Brazil dan Curacao dengan perwakilannya masing-masing.

 

Pencapaian sosok Mojang Bandung ini pun tentunya menyita perhatian publik dan ramai dibicarakan di media sosial. Untuk mengenal lebih dekat, berikut fakta mengenai Harashta yang menarik untuk di simak.

 

  • Profil Miss Supranational 2024, Harashta Haifa Zahra

Harashta Haifa Zahra, adalah gadis kelahiran Garut, 5 September 2003 yang besar di Bandung. Dirinya merupakan anak sulung dari pasangan Ginanjar dan Yeni Yuliana. Masih berusia 21 tahun, saat ini dirinya masih tercatat aktif sebagai mahasiswa di Institut Teknologi Nasional Bandung (Itenas) di jurusan Teknik Lingkungan.

 

 

  • Awali karier di ajang Mojang Jajaka Kota Bandung

Sebelum melebarkan sayapnya di kancah internasional, pada 2022 Tata sempat mengikuti ajang Mojang Jajaka, sebuah kompetisi untuk menjadi duta daerah Kota Bandung. Dirinya terpilih menjadi Wakil II Mojang Kota Bandung, dan berawal dari sini dia mengawali kariernya di dunia kontes kecantikan.

 

 

  • Tampilkan seni tradisional Jawa Barat dan menangkan Supra Talent

Tidak hanya membawa pulang mahkota dan gelar Miss Supranational 2024, pada ajang ini Harashta diketahui turut memenangkan Supra Talent. Kemenangan tersebut didapatkan berkat penampilannya membawakan seni tradisional Jawa Barat, mulai dari menyanyikan lagu “Bubuy Bulan”, Menarikan Tari Jaipong hingga memainkan alat musik tradisional Kecapi. Berkat penampilan tersebut, ia pun mendapatkan standing ovation dari juri maupun penonton yang hadir.

 

 

  • Aktif suarakan isu lingkungan

Selain aktif meniti kariernya di dunia kontes kecantikan, Tata juga dikenal aktif menyuarakan isu-isu lingkungan. Mengemban status sebagai mahasiswa jurusan Teknik Lingkungan, dia terpantau aktif mengikuti berbagai kegiatan advokasi untuk mengurangi limbah organik.

 

Tidak heran, komitmen dan kecintaannya terhadap lingkungan turut menjadi poin yang membawanya menang di Miss Supranational 2024. Melalui platformnya, Tata berupaya agar isu lingkungan terus menjadi fokus yang diselesaikan dan kegiatan baik yang dilakukannya bisa menginprasi orang lain khususnya para generasi muda. (Arfi)