Kontribusi Nyata JF3, 20 Tahun Mendukung Industri Fashion Tanah Air

Memasuki usia ke-20, JF3 Fashion Festival telah berkontribusi nyata dan melanjutkan komitmennya untuk mendukung perkembangan industri mode di Indonesia. Festival ini digelar pada 18-28 Juli di Summarecon Mall Kelapa Gading dan 26 Juli-4 Agustus 2024 di Summarecon Mall Serpong.

 

Chairman JF3, Soegianto Nagaria, mengklaim sejak 2004, JF3 telah berkontribusi nyata dalam mendukung industri fashion Indonesia. Dalam 20 tahun perjalanannya, banyak pihak yang turut mendukung pelaksanaan JF3. Mulai dari model, desainer, seniman, fotografer, koreografer, videografer, dan lainnya.

 

“Komitmen menjadi dasar utama JF3 dalam membangun semua yang dilakukan, yang mendorong kelangsungan JF3 selama dua dekade ini dengan konsistensi tak tergoyahkan. Komitmen inilah yang menghasilkan konsistensi,” ungkapnya.

 

Saat ini, industri fashion Indonesia masih menghadapi tantangan besar, di antaranya eksposur ke dunia internasional dan juga akses terhadap pasar internasional. Tantangan inilah yang harus dijawab dengan solusi nyata agar industri fashion Indonesia terus tumbuh dan mampu bersaing di pasar internasional.

 

 

“Dalam 3 tahun terakhir, JF3 telah membuat banyak perubahan, terutama dalam bagaimana presentasi itu dilakukan. Saya melihat kita sangat membutuhkan visi yang baru untuk membawa industri ini keluar dari momok masa lalu yang saya sadari sudah sangat tidak relevan dengan perkembangan masa. Untuk itu kami melakukan perubahan eksekusi secara detail, mulai dari pemilihan lokasi, konsep presentasi, hingga bagaimana ruang itu dibangun untuk mencapai relevansi yang dituju,” ungkap Advisor JF3, Thresia Mareta.

 

Ada 66 desainer dan brand lokal yang akan memamerkan hasil karyanya di JF3. Adapun nama-nama desainer tersebut di antaranya adalah Albert Yanuar, Hian Tjen, Rama Dauhan, Tities Sapoetra, hingga Wilsen Willim.

 

Selanjutnya, untuk brand lokal juga bermacam-macam. Sebut saja Danjyo Hiyoji, Eyez On Me, Raegita Zoro, Future Loundry dan LAKON Indonesia. Tidak hanya desainer dan brand yang sudah terkenal, ada pula lebih dari 100 brand dan UMKM mode yang siap berpartisipasi di eksibisi JF3.

 

Dilaksanakan di dua lokasi berbeda, JF3 memiliki dua tema yang berbeda. Tema budaya Indonesia dengan sentuhan seni melalui Niwasana by Fashion Village akan menghiasi JF3 Fashion Festival Di Summarecon Mall Kelapa Gading.

 

Sementara untuk di Summarecon Mall Serpong, JF3 akan berkolaborasi dengan DRP Paris untuk menghadirkan DRP Jakarta, festival streetwear dan budaya pop ternama dari Paris yang tentunya akan memperluas kehadirannya pertama kali di Asia.