IDEAFEST 2024 Menyulut Inovasi, Menggerakkan Kreativitas

 

IDEAFEST 2024 kembali digelar dengan membawa energi baru untuk menggerakkan ekonomi kreatif Indonesia. Tahun ini, festival yang telah menjadi bagian penting dalam industri kreatif Indonesia selama 13 tahun ini hadir dengan tema "i" yang merepresentasikan ide, inovasi, dan inspirasi dari setiap individu. Melalui tema ini, IDEAFEST berperan sebagai wadah kolaborasi bagi para pelaku kreatif untuk berbagi ide dan mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif.

 

Selama tiga hari, mulai 27 hingga 29 September 2024, lebih dari 160 sesi akan diadakan di Jakarta Convention Center (JCC). Kehadiran 400 pembicara, baik nasional maupun internasional, dipastikan memberikan perspektif baru bagi industri. Sebanyak 67% pembicara merupakan nama-nama baru yang sebelumnya belum pernah tampil di IDEAFEST, sehingga diharapkan mampu menghadirkan wawasan segar.

 

IDEAFEST telah bertransformasi menjadi bagian dari budaya kreatif di Indonesia. Berdasarkan survei British Council, festival ini merupakan salah satu dari 31,03% festival di Indonesia yang telah eksis lebih dari satu dekade. Dengan konsistensinya, IDEAFEST menjadi katalis yang memperkuat ekosistem ekonomi kreatif melalui program-program kurasi dari Braintrust. "Sebagai festival, kami ingin terus mendukung pengembangan generasi muda dan memperluas kolaborasi antara industri, pemerintah, dan masyarakat," ujar Ben Soebiakto, Co-Chair IDEAFEST 2024.

 

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mencatat nilai tambah ekonomi kreatif di Indonesia pada 2023 mencapai Rp 1.414,7 triliun, meningkat 7,25% dibandingkan tahun sebelumnya. Pertumbuhan ini diperkuat oleh subsektor kreatif seperti fashion, seni, kuliner, game, dan film, topik yang selalu menjadi sorotan di IDEAFEST. Kreativitas di sektor ini tidak hanya menyerap tenaga kerja, tetapi juga menciptakan peluang usaha baru dan meningkatkan daya saing produk lokal di pasar global.

 

Nazira C. Noer, CEO & Co-Founder POPLICIST, yang juga menjadi Braintrust IDEAFEST 2024, menekankan pentingnya kurasi konten untuk memastikan festival ini tetap relevan. "Tema ‘i’ memiliki banyak definisi, mulai dari inovasi hingga imajinasi. Festival ini menjadi ruang penting bagi industri kreatif untuk menawarkan solusi baru," jelasnya.

 

Selain diskusi, IDEAFEST juga menghadirkan Creative & Food Market yang bekerja sama dengan Semasa. Lebih dari 225 brand lokal di bidang fashion, seni, kecantikan, hingga makanan dan minuman akan memamerkan karya mereka dalam bazar ini, menjadi kesempatan emas bagi pelaku kreatif untuk memperluas pasar mereka.

 

Program kolaboratif IDEAFEST X juga akan kembali dengan workshop, podcast, dan penampilan yang dikurasi secara khusus untuk memberikan pengalaman baru. Fellexandro Ruby, salah satu kolaborator, menyatakan, “IDEAFEST memberikan ruang bagi kreator untuk mengembangkan bakat mereka dan melangkah ke jenjang berikutnya.”

 

Untuk informasi jadwal workshop, pengunjung dapat mengakses situs resmi www.ideafest.id atau media sosial @ideafestid.