INACRAFT On October Digelar, Targetkan Transaksi Rp100 Miliar

The Jakarta International Handicraft Trade Fair (INACRAFT) yang merupakan pameran kerajinan terbesar dan terlengkap di Asia Tenggara kembali hadir.

 

Pameran yang sudah diselenggarakan selama dua dekade menjadi wujud nyata dukungan terhadap dunia kerajinan di kawasan Asia Tenggara dan Internasional.

 

Seiring perkembangan zaman yang semakin maju, dalam perjalanannya pada tahun 2022, INACRAFT memiliki sister event bertajuk INACRAFT On October.

 

INACRAFT on October vol.3 diselenggarakan pada 2-6 Oktober 2024 di Jakarta Convention Center (JCC), Jakarta.  Dengan mengusung konsep ‘YOUTHPRENEURS’, INACRAFT on October digelar sebagai bentuk komitmen dan perhatian pada generasi muda yang berkarya di dunia kerajinan dan seni budaya.

 

 Salah satu bentuk upayanya adalah INACRAFT turut berpartisipasi dalam Kampanye “Beli Lokal”, sebuah kolaborasi antara Tokopedia, ShopTokopedia, dan Pemerintah untuk memberikan panggung bagi para pelaku UMKM dalam mendorong produk lokal menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia.

 

Terdapat 8 Zoning Area dimulai dari area Main Lobby yang menjadi pusat area ikon INACRAFT on October Vol.3 yaitu Youthpreneur & Craft, serta beberapa homedecor dan houseware. Sementara untuk hall lainnya, seperti Assembly Hall akan dipadati oleh perhiasan dan aksesoris, beranjak ke Cendrawasih Hall yang menyajikan beragam kain seperti tenun, ikat, songket, dan kombinasi dari beberapa kain lainnya.

 

 

Setelah itu pada Hall A & Promenade dipenuhi oleh berbagai macam batik dari seluruh nusantara, berbeda dengan Lobby Hall A yang akan diisi oleh berbagai produk dan fasilitas dari para sponsor yang telah ikut berpartisipasi. Beralih ke Hall B dan Lobby Hall B, pengunjung akan menemui berbagai jenis kombinasi produk, seperti batik, tas, dan kebaya.

 

Pada Plenary dan Connecting Plenary akan ditampilkan berbagai kerajinan, seperti produk hadiah, perlengkapan rumah, dan barang dekoratif. Tak ketinggalan pula pada hall ini, terdapat area Main Stage yang merupakan pusat acara INACRAFT on October Vol.3. Pada area terakhir khusus F&B, terdapat Talam yang akan menyuguhkan beragam makanan & minuman dengan sentuhan cita rasa Indonesia akan berlokasi di Mezzanine dan Hall B.

 

Selain itu, terdapat peserta Non Anggota sebanyak 96 peserta dan Talam INACRAFT sebanyak 71 peserta.

 

Mempertimbangkan situasi ekonomi nasional dan dunia saat ini, panitia tetap optimis dan menargetkan 100.000 pengunjung dan buyer dari luar negeri sebanyak 500 pengunjung, serta menetapkan target transaksi retail sebesar Rp 100 miliar dengan kontrak dagang diharapkan mencapai USD 1,2 juta.