Fitur Tokopedia Parent Bantu Orang Tua Penuhi Kebutuhan Anak

 

Memperingati Hari Anak Nasional yang diperingati setiap 23 Juli, tahun ini mengambil tema "Anak Terlindungi, Indonesia Maju". Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) RI, juga menetapkan beberapa sub-tema, salah satunya 'Wujudkan Lingkungan Aman untuk Anak'. 

 

“Sejalan dengan hal tersebut, Tokopedia berupaya membantu orang tua untuk memperhatikan pemilihan produk kebutuhan anak, seperti makanan dan buku, demi memenuhi hak, melindungi, serta menunjang tumbuh kembang anak,” kata Corporate Affairs Lead Tokopedia, Antonia Adega, dalam jumpa pers secara virtual pada Kamis (21/7/2023).

 

BACA JUGA:

Ulang Tahun ke-12, Blibli Konsisten Kembangkan Sinergi Ekosistem

PEMILU.AI Resmi Hadir Sebagai Platform Kampanye Berbasis Kecerdasan Buatan

 

Saat ini, sudah ada 1,8 miliar produk yang terdaftar di Tokopedia, termasuk berbagai produk kebutuhan anak. Untuk mempermudah orang tua mendapatkan produk kebutuhan anak terkurasi, Tokopedia pun menghadirkan halaman khusus Tokopedia Parents. 

 

“Selain itu, kami juga memberdayakan Komunitas Tokopedia Parents yang rutin memberi edukasi kepada orang tua terkait kebutuhan rumah tangga atau keluarga, khususnya anak, melalui forum diskusi, media sosial dan kanal resmi lainnya,” lanjut Antonia.

 

 

Pada peringatan HAN kali ini Tokopedia juga berkolaborasi dengan dr. I Gusti Ayu Nyoman Pratiwi, SpA (atau dr. Tiwi) untuk memberikan edukasi kepada masyarakat khususnya orang tua terkait pemenuhan hak dan perlindungan anak, serta pentingnya peran orang tua dalam proses tumbuh kembang anak sejak usia dini.

 

“Dua tahun pertama hingga umur emas (5 tahun) merupakan masa yang paling penting dalam proses tumbuh kembang anak. Maka banyak yang harus disiapkan oleh orang tua pada masa ini. Salah satunya adalah memastikan asupan gizi anak seimbang,” jelas dr. Tiwi.

 

 

Salah satu UMKM di Tokopedia asal Bali, yang didirikan Anak Agung Sri Anjani pada tahun 2017, Kids Spoon, menawarkan berbagai pilihan produk makanan anak tanpa bahan pengawet dan penyedap tambahan. Produk yang ditawarkan, seperti bubur MPASI, bakso ayam, siomay, aneka nugget hingga kukis.

 

Sementara Rabbit Hole adalah contoh UMKM di Tokopedia yang menjual berbagai produk buku untuk anak usia 0-7 tahun sejak 2014. Didirikan pasangan Devi Raissa dan Guntur Gustanto, yang juga merupakan psikolog anak, Rabbit Hole bertujuan menunjang tumbuh kembang otak anak sekaligus memperkuat hubungan antara anak dan orang tua.