Maknai Kearifan Leluhur, Tulola Gelar Kawan Nusantara Ketiga

 

Hadir kembali untuk ketiga kalinya, Kawan Nusantara menggandeng 8 brand atau produk UMKM Indonesia yang memiliki semangat kearifan lokal, menghargai warisan leluhur, namun diinovasikan dengan modern sesuai zaman. Bertempat di Nusantara Ballroom, The Dharmawangsa, Jakarta, acara yang digagas Tulola ini bekerja sama dengan PT. Pegadaian dan didukung oleh BRI.

 

Berlangsung selama dua hari, pada 24-25 Agustus 2023, acara bertajuk ‘Angkasa dan Bumi’ diciptakan sebagai ruang eksplorasi untuk terus mempelajari warisan leluhur. Tidak hanya menjadi perayaan penciptaan, namun juga perayaan kolaborasi.

 

BACA JUGA:

Tampil Mewah Ziva Magnolya Kenakan Koleksi Nusantara dari The Palace Jeweler

Ragam Perhiasan yang Terinspirasi Bunga-Bunga

 

Brand-brand yang bergabung juga memiliki spirit yang sama, yaitu mengangkat tema ke-Indonesiaan dan mampu membuat jembatan antara masa lalu dengan masa kini. Selain itu, kami juga menyadari bahwa dengan bersinergi, kami dapat tumbuh bersama untuk menggerakkan roda perekonomian Indonesia berlandaskan kreativitas dan seni,” ungkap Happy Salma selaku co-founder sekaligus creative conceptor Tulola dalam pembukaan acara pada Kamis (24/8/2023).

 

“Tahun ini kami juga membuat instalasi yang belum pernah dibuat sebelumnya. Kami bangga dapat bekerja sama dengan Rangga Djoned dan Sigit D. Pratama. Mereka merespon kekaryaan kami dan kolaborasi bersama ini ke dalam bentuk sebuah ruang instalasi. Sehingga nantinya pengunjung bisa merasakan sensasi-sensasi dan pengalaman batin berinteraksi dengan ruang-ruang kreatif yang diciptakan,” tambah Happy.

 

 

“Angkasa dan Bumi adalah konsep dari dualitas, dua hal yang kontras namun saling berpaut. Hubungan antara dunia yang fisik (kenyataan) dengan energi (angan-angan, imajinasi, kreativitas) termanifestasikan menjadi keindahan. Kami ingin membawa Sahabat Tulola untuk menyelami perasaan-perasaan yang magis, namun sekaligus membumi, lewat koleksi perhiasan terpilih dan instalasi yang dihadirkan selama acara,” ujar Dewa Sri Luce Rusna sebagai founder sekaligus Principal Designer dan Creative Director Tulola.

 

Franka Franklin Makarim sebagai co-founder sekaligus CEO Tulola menyampaikan kebanggaan dapat berkolaborasi dengan maestro Nyoman Nuarta yang menghadirkan salah satu mahakaryanya berupa instalasi patung bertajuk Dancing Queen II. Selain itu, perayaan ini juga akan dimaknai dengan pertunjukan seni sebagai pembuka dengan seniman pendukung Jessica Yanuar dan Dewi Gita yang dikoreografi oleh Josh Marcy.

 

BACA JUGA:

Semarak Kilau Perayaan The Palace Berikan Hadiah Berlian

Cara Merawat Perhiasan Saat Liburan

 

Bersamaan dengan acara ini, Tulola juga meluncurkan koleksi Artwear teranyar bertema ‘Kawan Nusantara 2023’. Koleksi ini terdiri dari 17 items berupa anting, kalung dan gelang yang memadukan kepiawaian pekerjaan tangan dengan teknik seni perhiasan adiluhung Nusantara. Dalam koleksi ini menggunakan motif-motif yang diberi nama Esa, Leluhur, Salam Nuswantara, Wijaya Kusuma, dan Serumpun.

 

Sri mengungkapkan kelima motif ini terinspirasi dari pengalamannya ketika membaca buku karangan Douwes Dekker. Wijaya Kusuma menggambarkan tanah daratan Indonesia yang indah dan beragam. Salam Nuswantara merupakan sebuah salam dan doa bahwa Indonesia lebih dari tanah yang kasatmata.

 

 

Leluhur adalah metafora dari identitas akar kita (Indonesia). Esa mewakili energi sebagai sumber kekuatan utama dan kreativitas. Serumpun relevansinya bahwa manusia pada dasarnya selalu berkumpul bersama.

 

Adapun para kolaborator dalam perayaan Kawan Nusantara ini terdiri dari industri lifestyle dengan kategori fashion, beauty, dan living. Dalam kategori fashion, ada Adrie Basuki, Bebeboo dari Surabaya, Ikat Indonesia by Didiet Maulana, TobaTenun, dan brand tas Peau dari Bandung. Untuk kategori living ada Studio Dapur dari Bandung dan kategori beauty ada Raine Beauty serta Juara Beauty.