Istana Kerajaan Terindah di Dunia

Istana kerajaan merupakan rumah kediaman resmi bagi raja dan keluarganya. Menjadi tempat tinggal para raja, arsitektur sebuah istana umumnya dibuat sangat memukau. Mulai dari arsitektur hingga pemandangan di sekitarnya. Tidak sedikit pula negara di dunia yang menerapkan sistem kerajaan. Baik hanya di zaman dahulu atau yang masih bertahan hingga saat ini. Berikut beberapa istana kerajaan terindah di dunia versi Women’s Obsession.

 

Istana Mysore, India

Mysore Palace berlokasi di Sayyaji Rao Rd, Agrahara, Chamrajpura, Mysuru, India. Istana ini menjadi saksi sejarah Dinasti Wadiyar dan dibangun pada 1897. Sebenarnya ini merupakan bangunan kedua setelah yang sebelumnya hancur, karena kebakaran. Menjadi istana terindah di dunia, istana Mysore memiliki kombinasi arsitektur Indo-Saracen. Berbalut warna-warna lembut, salah satu ruangan di istana ini bahkan berbalut emas.

 

Tidak hanya pada dinding, ukiran ukiran khas nan indah juga menghiasi bagian langit-langit yang didominasi warna biru. Kristal dengan bentuk-bentuk detail juga turut memperindah bagian langit-langit istana. Untuk mendapat pengalaman yang jauh lebih berkesan, waktu terbaik berkunjung adalah bulan September-Oktober. Pada bulan-bulan tersebut, akan berlangsung festival Dasara. Ketika malam hari ribuan lampu warna-warni akan dinyalakan di depan istana dan menambah keindahan suasana.

 

Istana Alhambra, Spanyol

Nama Istana Alhambra diambil dari kata hamra’ yang dalam bahasa Arab memiliki arti merah. Tidak hanya namanya, bangunan istana ini juga dihiasi oleh banyak benda yang berwarna kemerahan. Mulai dari keramik hingga batu bata yang tampak menonjol di beberapa bagian. Keindahan istana ini tampak dari megahnya bangunan yang menjulang. Ukiran-ukiran detail dan kaligrafi yang memenuhi dinding memperkuat kesan islami dari bangunan ini. Salah satu spot menarik dari istana ini adalah ‘Palace of The Lions’. Di sana terdapat 12 patung singa dan 128 tiang marmer yang mengelilingi. Sementara, ‘the Comares Tower’ dihiasi berbagai seni arsitektur menakjubkan, seperti pola geometris yang rumit dan kaligrafi.

 

Istana Buckingham, Inggris

Masuk dalam jajaran istana kerajaan terindah di dunia, tampaknya tidak ada yang tak mengenal Istana Kerajaan Buckingham, bangunan paling ikonik di kota London. Desain interior bangunan yang memiliki luas lantai 77.000 m² ini didominasi oleh hiasan yang berasal dari awal abad ke-19. Keindahan desain arsitektur dan ukiran dinding didukung lampu kristal yang banyak menggantung di langit-langit setiap ruangan.

 

Salah satunya adalah lampu kristal di ‘State Room’ yang terdiri dari 9000 keping kristal timah. Selain itu, ada pula ‘White Drawing Room’, tempat ruang resepsi keluarga kerajaan yang desainnya begitu memukau. Dilengkapi dengan lukisan, ukiran-ukiran indah nan detail, hingga kaca-kaca besar.

 

Istana Versailles, Prancis

Istana Versailles merupakan salah satu istana tertua dan terluas di Eropa. Tidak hanya itu, bangunan ini juga dinobatkan menjadi salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO. Keindahan istana ini tidak hanya terlihat dari arsitektur yang megah. Langit langit istana pun dipenuhi lukisan yang menakjubkan. Bahkan, di beberapa ruangan, bagian dindingnya pun dihiasi dengan karya seni lukis yang indah. Selain itu, pilar pilar yang menjulang dengan lampu kristal turut memperindah kerajaan yang satu ini. Di antara sekian banyak ruangan, Galerie des Glaces merupakan salah satu yang paling terkenal di Istana Versailles. Di sisi lain istana terdapat puluhan air mancur berwarna-warni.

 

The Grand Palace, Thailand

Didominasi oleh warna keemasan, kemegahan istana yang satu ini turut didukung keindahan arsitekturnya yang begitu khas. Terlebih bagian atas istana yang mengerucut ke atas dengan ukiran detail. Gaya arsitektur periode Ayudhaya dan dinding mosaik kaca berwarna emas menjadi dekorasi dari ruangan Wat Phra Kaew atau Phra Ubosot. Di sisi yang lain, terdapat Dusit Phirom Hall. Dikelilingi tembok berbatu, ruangan ini tidak lepas dari warna kuning yang menjadi ciri khas istana.